Pixel Code jatimnow.com

Usai Reaktivasi Kereta Api, Sumenep Usulkan Aktivasi Bandara Trunojoyo ke Menhub RI

Editor : Zaki Zubaidi   Reporter : Ni'am Kurniawan
Ahmad Fauzi (Foto: dok jatimnow.com)
Ahmad Fauzi (Foto: dok jatimnow.com)

jatimnow.com - Bupati Sumenep Achmad Fauzi meninjau kembali Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) di wilayahnya untuk mempercepat upaya reaktivasi jalur kereta api di Madura.

Langkah itu sebagai bukti bahwa Pemkab Sumenep serius mengawal reaktivasi jalur kereta untuk membangkitkan perekonomian di wilayah Madura.

Bupati Fauzi mengatakan, reaktivasi jalur kereta dari Bangkalan ke Sumenep merupakan aspirasi masyarakat Madura. Warga berharap agar sector transportasi di wilayahnya bisa dipermudah, dengan adanya kebijakan tersebut.

Tentang keberadaan lahan bekas lintasan yang telah beralih fungsi, ia mengatakan, itu akan ditangani.

"Setelah bertemu Menteri Perhubungan, kami langsung me-review RTRW demi mendukung upaya percepatan reaktivasi kereta Madura," kata Fauzi, Kamis (25/5/2023).

Fauzi menjelaskan, dari pertemuan dengan Kementerian Perhubungan, langkah-langkah untuk melakukan percepatan reaktivasi rel kereta itu akan terus dijalankan.

Baca juga:
Bank Jatim Salurkan CSR ke Pemkot Mojokerto hingga Sumenep

"Jadi, kapan pun pemerintah pusat Ingin memulai reaktivasi kereta, kita sudah siap membantu. Karenanya, review RTRW ini jadi bagian dari bentuk dukungan kita untuk membantu pemerintah pusat," ujarnya.

Dalam pertemuannya dengan Menhub tersebut, lanjut Fauzi, ia tidak hanya membawa usulan reaktivasi kereta api di Madura, tetapi juga membawa aspirasi soal pengembangan moda transportasi lain seperti pengembangan Bandara Trunojoyo dan penambahan armada kapal untuk menjangkau wilayah kepulauan.

"Alhamdulillah respons Pak Menteri semuanya positif. Insya Allah apa yang menjadi keinginan masyarakat Madura, bisa segera terealisasi," ucapnya.

Baca juga:
Sumenep Calendar of Event 2024 Resmi Dilaunching