Pixel Code jatimnow.com

Aksi Hijau untuk Langit Biru Oriflame Indonesia di Hutan Mangrove Surabaya

Editor : Zaki Zubaidi   Reporter : Ni'am Kurniawan
Antusiasme Oriflame menanam bibit pohon mangrove di Wonorejo, Surabaya (foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)
Antusiasme Oriflame menanam bibit pohon mangrove di Wonorejo, Surabaya (foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)

jatimnow.com - Prinsip keberlanjutan telah dipegang teguh oleh Oriflame sejak awal berdiri 56 tahun silam.

Hal ini merupakan komitmen jangka panjang yang tercermin dalam nilai-nilai oriflame, yaitu kecantikan yang lebih dari sekadar penampilan. 

Bagi Oriflame, kecantikan tidak hanya tentang terlihat baik, namun juga bagaimana bertindak baik bagi diri sendiri dan alam serta orang-orang di sekitar kita.

Berangkat dari fakta bahwa Indonesia merupakan salah satu negara penghasil emisi CO2 terbesar di dunia, Oriflame Indonesia secara proaktif mengambil tindakan untuk meningkatkan dampak positif komunitas Oriflame terhadap kehidupan masyarakat, serta mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. 

Untuk itu, Oriflame menginisiasi kampanye Oriflame Heart2Heart, dengan tajuk Aksi Hijau untuk Langit Biru.  Dimana Oriflame mengajak setiap individu untuk terlibat dengan komunitas lokal mereka, berpartisipasi dalam inisiatif lingkungan, dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya keberlanjutan. 

Aksi ini sebagai bentuk terima kasih terhadap kebaikan alam, yang tak hanya dapat diikuti oleh korporasi melainkan juga memberikan kesempatan partisipasi dari seluruh komunitas kecantikan Oriflame.

Di tahun 2023 ini, Oriflame Indonesia semakin aktif dalam menjalankan aksi peduli lingkungan. Salah satunya dengan berpartisipasi dalam kegiatan Earth Hour yang memiliki manfaat untuk mengurangi pemakaian listrik dan mengajak seluruh Brand Partners dan masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu menjaga stabilitas ekosistem perairan antar laut, pantai, dan darat. Selain itu, Oriflame juga memfasilitasi donasi untuk konservasi dan rehabilitasi area di Flores & Lembata di Nusa Tenggara Timur. 

Fokus area ditujukan untuk konservasi mangrove yang merupakan komoditas penting bagi ekologi dan ekonomi. Melalui langkah-langkah strategis hasil kolaborasi Oriflame dan Yayasan Kehati, Oriflame berharap program ini mampu memperbaiki kondisi lahan kritis sambil memberi manfaat bagi masyarakat lokal. 

Mangrove yang mampu menahan air dalam jumlah banyak juga mampu melepaskan oksigen 35% lebih besar dari pohon lainnya, sehingga pepohonan tersebut dapat mengabsorpsi karbon (CO2) untuk kualitas udara yang lebih baik.

"Kami percaya bahwa keberlanjutan merupakan tanggung jawab bersama. Sebagai perusahaan yang peduli terhadap lingkungan, kami berkomitmen untuk memperkuat aksi-aksi kami dalam menjalankan bisnis yang bertanggung jawab terhadap bumi," ucap Brand Communication Director Oriflame Indonesia, Patricia, Sabtu (17/6/2023).

Tak hanya itu, untuk mengurangi jumlah limbah kosmetik Oriflame juga mengadakan kembali gerakan Less Waste Lifestyle. Gerakan ini ditujukan untuk menumbuhkan generasi bijak dan sadar serta bertanggung jawab terhadap konsumsinya, mulai dari membeli produk hingga selesai produk tersebut digunakan. 

Oriflame menyiapkan Empties Box di sejumlah titik di berbagai kota, sehingga masyarakat dapat membuang kemasan kosmetik kosong bekas pakai, merek apapun  untuk didaur ulang kembali.

Usaha-usaha tersebut merupakan aksi nyata korporasi Bersama dengan seluruh komunitas Oriflame terhadap penanggulangan masalah-masalah lingkungan yang terjadi di era industri. 

"Kolaborasi dengan LindungiHutan dan Yayasan Kehati merupakan salah satu bentuk nyata dari komitmen kami. Kami berharap bahwa dengan Aksi Hijau untuk Langit Biru, kami dapat memberi inspirasi untuk bergerak bersama-sama dalam menjaga lingkungan dan menciptakan langit biru yang indah," lanjut dia.

Baca juga:
Acer Tanam Ribuan Mangrove di Surabaya, Taglinenya SayangBumi

Selain itu, mulai bulan Juni 2023, Oriflame Indonesia juga melakukan beberapa aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) yang bertujuan untuk mendukung konservasi hutan, perlindungan iklim, serta perairan.

Oriflame bekerja sama dengan organisasi crowdfunding 'Lindungi Hutan' dan mengajak komunitas Oriflame dari berbagai kota di Indonesia untuk melakukan kegiatan penanaman mangrove di Jakarta, Surabaya, Bali, dan Makassar yang dilaksanakan pada 17 Juni 2023. 

"Melalui program-program konservasi hutan, perlindungan iklim, dan perairan, kami ingin memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar kami dan bagi generasi mendatang. Kami berupaya untuk mendorong perubahan positif dan memberi inspirasi bagi orang lain untuk bergerak bersama-sama dalam menjaga menjaga bumi yang lebih baik," jelas Patricia. 

Sementara Vice President & Head of Oriflame Indonesia Fredrik Nilsson mengaku, dirinya turut bangga atas terselenggaranya kegiatan kali ini. Mengingat, kebaikan yang dilakukan Oriflame hari ini adalah untuk masa depan manusia.

"Saya bangga sekali karena hari ini kita melakukan kebaikan, bukan hanya untuk kita sendiri melainkan untuk anak-cucu kita nanti," kata Fredrik.

Fredrik menambahkan, sejak berdiri 50 tahun yang lalu, Oriflame selalu menekankan partisipasinya terhadap lingkungan. Salah satunya adalah melakukan upaya pengurangan emisi dengan aktif menanam pohon.

"Kita sudah melakukan banyak hal dalam beberapa tahun terakhir, salah satunya mengurangi 70 persen emisi. Dan semua elektrisiti di kantor kita menggunakan sumberdaya yang sustainibility juga," katanya.

"Kita Oriflame memang suka berjalan-jalan ke negara lain. Menyadari kit sering bepergian dengan pesawat terbang dimana itu tidak bagus, menggunakan CO2, maka kompensasinya kita harus menyelamatkan pohon kepada hutan," sambung dia.

Baca juga:
Pelindo Tanam 20.000 Bibit Mangrove di Desa Bancaran Bangkalan

Tentang Oriflame 

Didirikan pada tahun 1967, Oriflame adalah perusahaan kecantikan terkemuka dengan sistem penjualan langsung di lebih dari 60 negara. Portofolio produk kecantikan yang inovatif dan terinspirasi dari alam asal Swedia ini dipasarkan melalui konsultan independennya. 

Oriflame kini telah tumbuh menjadi salah satu perusahaan besar di dunia dan telah membantu memenuhi impian jutaan orang di seluruh dunia melalui model penjualan yang unik.

Menghargai orang lain dan alam memperkuat prinsip operasional Oriflame dan hal ini tercermin dalam kebijakan sosial dan lingkungan Oriflame. Oriflame mendukung berbagai badan amal di seluruh dunia dan merupakan co-founder dari World Childhood Foundation. 

Di Indonesia, Oriflame didirikan pada tahun 1986 dan saat ini memiliki 5 Oriflame Experience Center yang berlokasi di Jakarta, Surabaya, Bali, Makassar dan Medan, serta ratusan ribu Brand Partner di seluruh negeri. 

Berbelanja produk Oriflame saat ini menjadi lebih mudah melalui https://id.oriflame.com/

Berbagai keuntungan bisa dinikmati seperti Cashback 15% di setiap order, gratis ongkir serta kesempatan mendapatkan produk baru lebih awal.  Seluruh produk Oriflame telah mendapatkan fatwa halal dari MUI dan telah tersertifikasi Halal.