Pixel Code jatimnow.com

Museum dan Galeri SBY Ani Pacitan Diresmikan 17 Agustus 2023

Editor : Zaki Zubaidi   Reporter : Ahmad Fauzani
Museum dan Galeri SBY ANI di Kabupaten Pacitan Siap Diresmikan pada 17 Agustus 2023. (Foto: Endro for jatimnow.com)
Museum dan Galeri SBY ANI di Kabupaten Pacitan Siap Diresmikan pada 17 Agustus 2023. (Foto: Endro for jatimnow.com)

jatimnow.com - Setelah tiga tahun proses pembangunan, Museum dan Galeri SBY Ani yang terletak di Kabupaten Pacitan akan segera diresmikan. 

Rencana peresmian ini bersamaan dengan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 pada tanggal 17 Agustus 2023. 

Direktur Eksekutif Museum dan Galeri Seni SBY Ani, Ossy Darmawan, mengungkapkan rencana pembukaan bagi masyarakat umum sehari setelah pembukaan.

Dia menjelaskan museum ini akan menggambarkan perjalanan hidup dan jejak rekam Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Museum ini memiliki berbagai ruangan yang dirancang dengan cermat untuk memberikan pengunjung pengalaman seolah-olah mereka ikut merasakan perjalanan hidup SBY," ujar Ossy, Selasa (15/8/2023)


Tidak hanya menampilkan momen saat menjabat sebagai Presiden, namun museum ini juga mencakup perjalanan masa muda SBY. Ossy menambahkan bahwa museum ini juga akan menampilkan koleksi seni dan foto-foto almarhumah Ani Yudhoyono. 

Baca juga:
Kaum Muda Sidoalce Upayakan Bekas Pabrik Gula Tulangan jadi Museum Sidoarjo

Desain bangunan museum didominasi oleh warna putih dengan enam pilar. Di atas bangunan, terukir bunga flamboyan.

“Bunga flamboyan sebagai penghormatan kepada bunga kesukaan mendiang Ani Yudhoyono,” kata Ossy.

Museum ini juga memiliki perpustakaan dengan berbagai buku yang ditulis oleh SBY serta koleksi lukisan hasil karya SBY. Selain itu, museum ini akan memamerkan berbagai negara yang pernah dikunjungi oleh SBY selama masa tugasnya sebagai TNI dan ketika menjabat sebagai Presiden. 

Baca juga:
Museum Mpu Tantular Sidoarjo Gelar Pertunjukan Jaranan Dor

“Puncak acara peresmian diharapkan akan menjadi momen yang meriah,” urainya.

Dia mengaku sebanyk 800 undangan telah dijadwalkan hadir, termasuk perwakilan dari Kabupaten Pacitan, mantan anggota kabinet SBY, keluarga besar, rekan-rekan sesama alumni Akabri tahun 1973, serta tamu kehormatan lainnya. 

Dengan acara peresmian ini, Museum dan Galeri SBY Ani di Kabupaten Pacitan akan menjadi tempat penting untuk mengenang perjalanan dan kontribusi Presiden SBY dalam sejarah Indonesia.

SPTP: Arus Peti Kemas Semester 1 Tahun 2024 Tumbuh 6 Persen
Ekonomi

SPTP: Arus Peti Kemas Semester 1 Tahun 2024 Tumbuh 6 Persen

"Peti kemas internasional tumbuh sekitar 5,76 persen jika dibandingkan dengan semester 1 tahun 2023 dan peti kemas domestik tumbuh sekitar 6 persen jika dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya,” jelas Widyaswendra.