Pixel Codejatimnow.com

Meriahkan Agustusan, KPU Kota Blitar Gelar Lomba Bertema Pemilu

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Bramanta Pamungkas
Suasana lomba tema pemilu di KPU Kota Blitar. (Foto: Dok KPU Kota Blitar/jatimnow.com)
Suasana lomba tema pemilu di KPU Kota Blitar. (Foto: Dok KPU Kota Blitar/jatimnow.com)

jatimnow.com - Memeriahkan perayaan HUT ke-78 Republik Indonesia, KPU Kota Blitar yang menggelar sejumlah lomba.

Lomba yang digelar berkaitan dengan tugas sebagai penyelenggara pemilu. Di antaranya, lomba merakit kotak suara dan memasukkan surat suara.

Tak hanya staff KPU, lomba ini juga diikuti oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Rangga Bisma Aditya mengatakan perlombaan ini memang sengaja dikemas dengan tema penyelenggara pemilu.

Peserta diminta cekatan dalam lomba merakit kotak suara. Kecepatan dan ketepatan dalam merakit kotak suara menjadi kunci.

"Peserta diharapkan tidak awam lagi dengan alat peraga Pemilu yang tidak mengalami perubahan dalam pesta demokrasi 2024 mendatang. Kotak suara masih sama terbuat dari bahan karton tahan air," ujarnya, Kamis (17/08/2023).

Baca juga:
Sidang Amar Putusan MK di KPU Jember, Caleg Partai Demokrat Walk Out

Sedangkan untuk lomba memasukkan spesimen surat suara ke kotak suara, peserta wajahnya ditutupi topeng kertas dan berdiri radius 5 meter dari kotak suara. Mereka kemudian harus berjalan menuju kotak suara untuk memasukkan surat suara dengan benar.

"Memang lomba ini kami sesuaikan dengan persiapan tahapan Pemilu 2024. Para peserta diharapkan cekatan mengantarkan para pemilih ke kotak suara. Ini sekaligus sebagai cerminan persiapan kami agar dalam pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang kami bisa melaksanakan dengan baik," tuturnya.

Salah seorang staff KPU Kota Blitar, Aris, mengaku senang dengan perlombaan ini. Tak hanya menambah ketrampilan dalam merakit kotak suara, hadiah yang diberikan kepada para pemenang juga bisa dimanfaatkan di logistik di posko mereka.

Baca juga:
KPU Jember Nyatakan Pasangan Bacabup dan Bacawabup Independen Lolos Verfikasi

Panitia lomba memberikan satu paket sembako dengan tujuan bisa dimanfaatkan bersama-sama anggota PPK dan PPS di poskonya masing-masing.

"Menarik dan seru lombanya tadi. Karena MC nya di sela lomba itu juga menyampaikan tanggal tahapan pemilu. Jadi sekaligus sosialisasi supaya kami ingat tahapannya nanti," pungkasnya.