Pixel Code jatimnow.com

Pakar Farmasi Unair Surabaya Teliti Transplantasi Tulang Sapi untuk Obat Osteoporosis

Editor : Endang Pergiwati  
Obat hasil eksperimen Pakar Farmasi Unair untuk menyembuhkan beragam penyakit tulang. (Foto: Rahmat for jatimnow.com)
Obat hasil eksperimen Pakar Farmasi Unair untuk menyembuhkan beragam penyakit tulang. (Foto: Rahmat for jatimnow.com)

jatimnow.com - Patah tulang, osteoporosis, osteoarthritis serta debridemen yang diakibatkan penyakit tulang seperti tumor dan kanker saat ini bisa disembuhkan atau diobati melalui transplantasi sumsum tulang.

Obat transplantasi sumsum tulang pada manusia dengan bahan tulang sapi diklaim dapat menggantikan tulang yang mengalami kerusakan.

Pakar farmasi, Aniek Setiya Budiatin bereksperimen membuat obat tersebut sejak 10 tahun lalu.

Awalnya, Aniek meneliti bahan baku yang mengandung garam kalsium dengan harapan bahan baku tersebut dapat mendukung kesehatan tulang manusia.

Namun salah satu sumber utama dari garam kalsium yang ditelitinya ditemukan di dalam femur (tulang paha, Red) pada hewan sapi.

Baca juga:
Mengenal Terapi Sel T CAR, Pengobatan Kanker Darah Terkini dan Paling Modern

"Kandungan bovin hidroksiapatit (bha) pada femur sapi kemudian diekstraksi. Dengan cara direbus untuk menghilangkan serat yang melekat pada lemaknya, kemudian dibakar dengan suhu tinggi. Hasilnya bha mirip dengan hidroksiapatit dari tulang manusia, sehingga dapat diaplikasikan pada transplantasi tulang bone graft," terang Aniek, Kamis (21/9/2023).

Ia kemudian mencoba untuk mengkombinasikan temuannya ini dengan gelatin (cangkak kapsul, Red) yang terbuat dari sapi sebagai penambal, maupun pengganti tulang yang mengalami defek (kelainan, Red).

Baca juga:
Kisah Kesaktian Bintang, Keturunan Ke-6 Pangeran Diponegoro di Surabaya

"Dapat menjadi pengganti tulang yang mengalami kerusakan dan sistem penghantaran obat," ujar pakar Farmasi Unair ini.

Saat ini obat tulang tersebut sudah memasuki tahap hilirisasi dan diharapkan dapat membantu bidang kesehatan untuk mengganti implan gigi yang dapat menyembuhkan patah tulang, osteoporosis, osteoarthritis serta debridemen.

SPTP: Arus Peti Kemas Semester 1 Tahun 2024 Tumbuh 6 Persen
Ekonomi

SPTP: Arus Peti Kemas Semester 1 Tahun 2024 Tumbuh 6 Persen

"Peti kemas internasional tumbuh sekitar 5,76 persen jika dibandingkan dengan semester 1 tahun 2023 dan peti kemas domestik tumbuh sekitar 6 persen jika dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya,” jelas Widyaswendra.