Pixel Codejatimnow.com

Reda Gaudiamo di Malam Puncak Literatutur 2023 Gresik

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Sahlul Fahmi
Penampilan Reda Gaudiamo di Malam Puncak Literatutur 2023 Gresik (Foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)
Penampilan Reda Gaudiamo di Malam Puncak Literatutur 2023 Gresik (Foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Penampilan musik puisi Reda Gaudiamo di acara Malam Puncak Literatutur 2023 menjadi suguhan pamungkas yang menarik.

Acara yang digelar Komunitas Yayasan Gang Sebelah Gresik di Jalan Nyai Ageng Arem-arem Gresik itu berlangsung meriah.

Reda yang malam itu membawakan beberapa lagu mampu membuat para undangan termasuk Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur Umi Kulsum, Ketua Ketua Yayasan Gang Sebelah, Hidayatun Nikmah, serta komunitas seni dan budaya Gresik merasa kagum.

Dalam acara ini, Yayasan Gang Sebelah Gresik yang konsen di bidang sastra tersebut, juga melaunching buku kumpulan cerpen dari 18 penulis yang mengikuti program residensi untuk proyek Literatutur 2023 di Gresik, berjudul "Tinutur".

Dalam sambutannya, Bupati Gresik yang akrab dipanggil Gus Yani mengatakan, kegiatan ini menjadi bahan refleksi bersama tentang Gresik Kota Kecil Peradaban. Hal tersebut datang dari ide-ide dalam lliterasi tentang kejayaan Gresik di masa lampau yang dikembangkan dalam dunia tulisan cerpen.

"Ini ide kegiatan yang spektakuler, karena berusaha mencari tahu sisi sejarah, kejayaan, dan kebudayaan di Gresik Kota Tua ini. Selama ini Gresik lebih dikenal sebagai kota industri. Tapi dengan munculnya kegiatan seperti ini, diharapkan muncul refleksi bahwa Gresik adalah kota peradaban," kata Gus Yani, Sabtu (2/11/2023).

Baca juga:
Bupati Gresik Dukung Prabowo-Gibran, Sempat Ajukan Cuti ke Gubernur

Bupati menambahkan, Pemkab Gresik sangat terbantu dengan adanya komunitas seni dan budaya yang kreatif dan menginspirasi seperti Yayasan Gang Sebelah dan lain sebagainya.

“Pemkab Gresik juga berterima kasih kepada Yayasan Gang Sebelah dan komunitas seni dan budaya lainnya yang telah memberikan kontribusi bagi Kabupaten Gresik. Karena itu, Pemkab akan terus memberikan support, mendorong kegiatan literasi di Kabupaten Gresik,” ujar Gus Yani.

Ketua Yayasan Gang Sebelah, Hidayatun Nikmah, menjelaskan bahwa karya 18 orang penulis yang berpartisipasi dalam dalam event Literatutur merupakan peserta yang telah mengikuti residensi di Gresik, 9 - 11 November lalu.

Baca juga:
Bupati Gresik Dukung Prabowo-Gibran, PDIP Jatim: Keputusan Pahit Harus Diambil

“Selama mengikuti residensi di Gresik, mereka kami kenalkan tentang daerah kota tua, pesisir, dan daerah bukit di Gresik. Dalam event ini juga ada lomba bertutur tingkat SD/SMP,” jelas Hidayatun Nikmah.

Nikmah juga menjelaskan bahwa kegiatan residensi ini baru pertama kali digelar. Tujuan utamanya untuk memperkenalkan Gresik melalui sastra. Kegiatan puncak Literatutur 2023 ini juga dimeriahkan dengan bazar oleh UMKM warga setempat, pertunjukan tari dan musik serta launching buku Tinutur, serta penghargaan kepada pegiat literasi Mbah Mat Kauli dan almarhum Mas Rio Willy.

"Harapan kami bisa memperkenalkan Gresik lebih luas melalui seni sastra serta memunculkan bibit-bibit sastrawan baik dari Gresik maupun nasional,” harap Nikmah