Pixel Codejatimnow.com

Aplikasikan Porous Paving, SIG Percantik Area Jembatan Kaca Seruni Point Bromo Probolinggo

Editor : Endang Pergiwati  
Aplikasi porous paving dari  pada Jembatan Kaca Seruni Point Bromo Probolinggo. (Foto: Humas SIG for jatimnow.com)
Aplikasi porous paving dari pada Jembatan Kaca Seruni Point Bromo Probolinggo. (Foto: Humas SIG for jatimnow.com)

jatimnow.com - Jembatan Kaca Seruni Point yang diproyeksikan bakal menjadi primadona baru kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, makin estetis dengan aplikasi porous paving dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG).

Aplikasi porous paving dari SIG menjadi kontribusi SIG untuk mendukung proyek infrastruktur pada objek wisata yang masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo-Tengger-Semeru (BTS) tersebut.

SIG telah mengerahkan tenaga ahlinya untuk memastikan kualitas terbaik aplikasi porous paving (paving berpori) di area amphitheater dan area bangunan multifungsi pada bulan November 2023 dengan total luas 472 m2.

Direktur Operasi SIG, Reni Wulandari mengatakan, pengaplikasian porous paving di area wisata Jembatan Kaca Seruni Point merupakan kerja sama antara SIG dengan Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR untuk menyediakan infrastruktur pariwisata yang ramah lingkungan serta menunjang kenyamanan para wisatawan.

"Porous paving merupakan produk ramah lingkungan yang menggunakan Semen Hidraulis (SNI 8912:2020), mampu meresapkan air hingga 81 - 730 liter per menit per meter persegi, sehingga mengurangi limpasan permukaan (surface run-off). Produk ini dihasilkan dari riset dan berbagai proses penyempurnaan sehingga memiliki mutu lebih tinggi dan pastinya ramah lingkungan,” kata Reni Wulandari.

Baca juga:
Warga Probolinggo Kumpulkan Sedekah Caleg untuk Beli Perabot Rumah Tangga

Porous paving diproduksi oleh unit usaha SIG, PT Varia Usaha Beton (VUB) Plant Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur, dengan bahan baku berkualitas dan sesuai standar yang dipersyaratkan. Selain ramah lingkungan, porous paving juga didesain dengan paduan corak warna yang estetis, terdiri dari warna merah dan warna abu-abu (natural).

“Dukungan infrastruktur pariwisata yang nyaman dan memenuhi standar estetika yang tinggi, diharapkan dapat meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung serta memberikan dampak dari sisi ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar," ucap Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni.

Baca juga:
Guru Ngaji Hamili Muridnya di Probolinggo Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara

"SIG selalu siap untuk berkolaborasi dengan pemerintah dalam proyek pembangunan infrastruktur dengan memasok produk bahan bangunan inovatif yang bermutu, berkualitas, dan ramah lingkungan," tambahnya.