KPUD Pacitan Gelar Simulasi Pemilu untuk Difabel

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Mita Kusuma

Simulasi Pemilu untuk penyandang difabel yang digelar oleh KPUD Pacitan.

jatimnow.com - 40 perwakilan penyandang cacat fisik atau difabel di Pacitan, mengikuti simulasi pemilu yang digelar Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Pacitan.

Harapannya, dengan adanya simulasi tersebut, difabel bisa menyalurkan secara maksimal hak pilihnya dalam Pemilihan Gubernur Jatim bulan Juni mendatang.

Puluhan difabel terlihat menyaksikan bagaimana tata cara, Selasa (13/3/2018). 20 di antara 40 difabel diajak praktik secara langsung tentang pelaksanaan pencoblosan.

Mulai dari melihat surat suara, tata cara memilih calon, memasukan surat sampai mencelupkan jari ke tinta.

Semua tahapan pemilu seperti mendaftar, menunggu panggilan, menerima surat suara sampai mencoblos gambar calon gubernur dan wakil gubernur diperagakan.

Sementara bagi penyandang tuna netra, panitia menyediakan alat bantu berupa kertas pengjimpit dan surat suara dengan huruf brahile.

"Awalnya kesulitan. Beberapa waktu lalu gak pernah mencoblos. Tapi kali ini ada simulasi, sangat membantu. Mudah sekali," kata Rosidin salah seorang penyandang difabel.

Sementara, Ketua KPU Pacitan, Damhudi, mengatakan kegiatan simulasi difabel agar mereka benar-benar mengetahui bagaimana proses pencoblosan. "Ya biar lebih tahu lagi. Dan mereka aktif memilih," bebernya.

Diketahui, dalam Pilgub Jatim di Pacitan ada 467.890 pemilih. Sementara tiga persennya adalah penyandang difabel yang memiliki hak yang sama dalam menyalurkan hak pilih.

Reporter: Mita Kusuma

Editor: Erwin Yohanes


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter