Pixel Codejatimnow.com

Mengintip Aktivitas Petugas Siapkan Makanan untuk Penghuni di Dapur Lapas Kediri

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Yanuar Dedy
Aktivtas di dapur Lapas Kediri. (Foto: Lapas Kediri for jatimnow.com)
Aktivtas di dapur Lapas Kediri. (Foto: Lapas Kediri for jatimnow.com)

jatimnow.com - Makanan menjadi salah satu hak para tahanan maupun narapidana yang hidup di balik penjara. Dari dapur lapas, para petugas menyiapkan makanan olahan yang layak untuk para penghuni lapas.

Demikian pula di Lapas Kediri, petugas bersama 12 warga binaan pilihan menyiapkan makanan yang tak sekadar enak untuk para tahanan maupun narapidana di Lapas Kediri. Mereka juga memperhatikan gizi dari makanan tersebut.

Setiap hari, sekitar pukul 03.00 WIB, mereka mulai menyiapkan sarapan pagi untuk 850-900 penghuni. Istirahat sebentar saja, mereka lanjut menyiapkan makan siang dan makan malam. Total mereka memasak 318 kilogram beras per harinya.

Setiap harinya mereka menyajikan lauk yang beragam, baik ayam hingga daging yang diolah dengan sayur yang lezat. Mereka juga memberikan ekstra berupa buah dan kolak.

Di dapur ini, Lapas Kediri mengedepankan kebersihan. Mereka juga memiliki standar soal rasa dan porsi makan yang cukup.

Baca juga:
3 Warga Binaan Kasus Terorisme Ucapkan Ikrar Setia NKRI di Lapas Kelas I Madiun

"Lapas Kediri senantiasa berkomitmen dalam menjaga kualitas makanan bagi warga binaan pemasyarakatan sesuai dengan standar atau ketentuan yang berlaku. Standar kualitas ini mencakup dari segi kebersihan/higinis, rasa, dan porsi makanan," ujar Kepala Lapas Kediri M Hanafi, Senin (29/1/2024).

"Tak lupa, petugasnya pun sudah dibekali diklat, yaitu diklat penjamah makanan, dan juga sudah dapat sertifikat yaitu pengelolaan jasa makanan," tambahnya. Dapur ini juga memiliki sertifikat higinis yang terus diperbarui setiap tiga bulan.

Baca juga:
50 Napi Lapas Malang Ikuti Budi Daya Jamur Tiram, Bekal Kembali ke Masyarakat

Untuk mekanisme pelaksanaan pengolahan makanan, Lapas Kediri juga memiliki SOP, mulai dari permintaan data jumlah penghuni, lalu permintaan bahan makanan hingga pembersihan dapur dan alat makan.

"Semua proses bagi kami sangatlah penting, namun kuncinya adalah sebelum pendistribusian makanan nanti akan dicek kembali oleh petugas, dicicip oleh petugasnya, kalau dinyatakan makanan tersebut layak dan rasa pas untuk dimakan maka akan langsung didistribusikan kepada warga binaan untuk disantap," tandasnya.

KPK Jebloskan Kepala BPPD Sidoarjo ke Tahanan
Peristiwa

KPK Jebloskan Kepala BPPD Sidoarjo ke Tahanan

"KPK menetapkan dan mengumukan satu orang pihak yang dapat diminta pertanggungjawaban secara hukum dengan status tersangka AS, Kepala BPPD Sidoarjo," kata Ali .