Pixel Codejatimnow.com

Ganjar-Mahfud Menang 51 Persen di New York, Hasil Exit Polls

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Ni'am Kurniawan
Hasil perhitungan suara pencoblosan Exit Poll di New York (foto: Tangkapan layar)
Hasil perhitungan suara pencoblosan Exit Poll di New York (foto: Tangkapan layar)

jatimnow.com - Dikutip dari akun X (twitter) Lia Sundah Suntoso @suntosolaw, seorang WNI yang tinggal di New York, Minggu (11/2/2024) yang melakukan Exit Polls Pilpres 2024 dimana pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menang telak.

Exit polls adalah sebuah metode survei yang dilakukan segera pasca-pencoblosan kepada para pemilih yang baru saja meninggalkan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Seperti diketahui sesuai jadwal Komisi Pemilihan Umum (KPU), di sejumlah lokasi di luar negeri memang sudah mulai melakukan pencoblosan untuk Pemilu RI sejak, Senin, 5 Februari 2024.

Pada Sabtu, 10 Februari 2024, pencoblosan digelar di beberapa negara di Asia, Eropa, Amerika, Australia, hingga Afrika. Penghitungan suara resmi tetap akan dilangsungkan, Rabu, 14 Februari 2024.

Mendahului penghitungan hasil pemungutan suara di luar negeri, sudah beredar hasil exit polls yang dilakukan di TPS New York, Amerika Serikat dimana telah dilakukan pemungutan suara Pemilu 2024 pada Sabtu (10/2/2024) lalu, sesuai jadwal pencoblosan di luar negeri.

Baca juga:
Video: Rekapitulasi Suara Tingkat Kecamatan di Lamongan Dikebut

Lia menyampaikan di akun X-nya, sampling dilakukan terhadap 609 pemilih yang baru meninggalkan TPS dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) 2531 atau setara sampling 24% DPT.

Hasil exit poll, menurut Lia yang juga Wakil Ketua Dewan Pengawas Yayasan Pantau ini, dari pencoblosan di New York, Amerika Serikat tersebut menunjukkan pasangan Ganjar-Mahfud unggul dengan persentase suara 51,23 persen, lalu disusul pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dengan persentase suara 24,46 persen.

Baca juga:
30 Petugas Pemilu di Jatim Meninggal, Sudah Terima Santunan dari KPU?

Lalu pasangan Pabrowo - Gibran mendapatkan 23,48 persen. Sedangkan untuk golongan putih (Golput) mencapai 5 pemilih atau 0,82 persen.

"Kami polling dari pagi sampai TPS tutup. Teman-teman pollster (sebutan untuk petugas exit polls) NY (New York) dan NJ (New Jersey) luar biasa berdiri dari pagi sampai TPS tutup diudara terbuka ditengah musim dingin," tulis Lia Sundah Suntoso yang juga memasang bio sebagai Pengacara di akun X-nya.