Pixel Codejatimnow.com

Jadi Pemenang Pileg 2024, Subandi: Tsunami Politik Tidak Goyahkan PKB

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Ahaddiini HM
Ketua DPC PKB Sidoarjo, Subandi saat di depan awak media. (Foto: Dokumentasi Ahaddiini HM/Jatimnow.com)
Ketua DPC PKB Sidoarjo, Subandi saat di depan awak media. (Foto: Dokumentasi Ahaddiini HM/Jatimnow.com)

jatimnow.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo telah menetapkan 50 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sidoarjo periode 2024-2029. Hasilnya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) keluar sebagai pemenang di Pileg 2024 ini dengan raihan 15 kursi.

Ketua DPC PKB Sidoarjo, Subandi mengucapkan terima kasih kepada para pejuang yang turut memenangkan partai berlambang bintang sembilan itu.

"Mengucapkan terima kasih kepada para pejuang, mulai dari caleg-caleg, pengurus, dan simpatisan," ujar Ketua DPC PKB Sidoarjo, Subandi, Rabu (6/3/2024).

Ia melanjutkan bahwa pada Pileg 2024, kondisi PKB Sidoarjo sebenarnya sedang tidak baik-baik saja. Ada ‘tsunami’ politik menjelang coblosan 14 Februari tersebut. Meski demikian, fenomena itu tidak menggoyahkan PKB.

"Ada 'tsunami' politik jelang pencoblosan yang merusak Sidoarjo. Fakta sudah membuktikan, meski ada tsunami politik tidak menggoyahkan PKB. Tetap solid, tetap kompak, dan tetap menang. Ini sebagai bukti PKB adalah partai yang sudah dewasa,” imbuhnya.

Baca juga:
7000 Suara Milik Caleg DPRD Ponorogo yang Meninggal Dunia, Akan Dibawa Kemana?

Lebih lanjut, ia yang juga Wakil Bupati Sidoarjo mengucapkan terima kasih kepada para ulama dan Nahdlatul Ulama (NU) yang tetap bersama PKB. Pengaruh sangat besar dalam mempertahankan kemenangan PKB pada Pileg 2024. Meski ada penurunan satu kursi dibandingkan Pileg 2019 lalu.

“Kemenangan ini berkat para ulama dan NU yang tetap solid dan kompak bersama PKB. Selanjutnya kami akan tetap melakukan evaluasi dan konsolidasi pembenahan sistem untuk kemajuan PKB kedepannya, apalagi tahun ini akan ada Pilkada," jelasnya.

Baca juga:
PKB Tunggu Koalisi soal Pendamping Habib Hadi di Pilwali Probolinggo 2024

Dalam Pileg 2024, peraih kursi terbanyak kedua dan ketiga dikuasai Partai Gerindra dan PDI Perjuangan. Keduanya sama-sama mendapatkan 9 kursi DPRD Sidoarjo.

Disusul Partai Golkar dengan meraih 5 kursi dari sebelumnya 4 kursi. PAN 4 kursi, PKS 3 kursi, Demokrat 3 kursi, Nasdem 2 dan PPP 1 kursi.