Pixel Codejatimnow.com

Pj Gubernur Jatim Lepas 366 Jamaah Haji Kloter Pertama di Embarkasi Surabaya

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Ni'am Kurniawan
Pj Gubernur Adhy Karyoni saat menyapa dan beramah tamah dengan jamaah haji dari Embarkasi Surabaya (foto: Humas Pemprov Jatim for jatimnow.com)
Pj Gubernur Adhy Karyoni saat menyapa dan beramah tamah dengan jamaah haji dari Embarkasi Surabaya (foto: Humas Pemprov Jatim for jatimnow.com)

jatimnow.com - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono melepas 366 orang jamaah haji kloter pertama Embarkasi Surabaya Tahun 1445 H / 2024 M Kabupaten Bojonegoro dan 5 orang petugas di Gedung Muzdalifah Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Sabtu (11/5/2024) malam.

Kloter ini terdiri dari 170 jamaah pria, 196 jamaah perempuan. Sedangkan para petugas terdiri dari 3 orang pria dan 2 orang perempuan. Seusai pelepasan, jamaah haji langsung melakukan pemeriksaan imigrasi dan pemeriksaan x-ray dan masuk ke dalam bus.

Para jamaah haji yang dilepas ini akan berangkat ke tanah suci dari Bandara Juanda menggunakan pesawat Saudi Airlines SV 5269.

Pada seluruh jamaah, Adhy berpesan untuk menjaga ketahanan fisik dan mental ketika menjalankan rangkaian ibadah haji. Mengingat adanya perbedaan kondisi iklim dan cuaca di Indonesia dan Saudi Arabia menjadi tantangan bagi jamaah haji.

"Setiap jamaah dituntut menjaga dan memelihara kondisi fisik karena hampir 90% pelaksanaan kegiatan dilakukan secara fisik," ujar Adhy, dalam siaran resminya.

Ibadah haji merupakan momentum istimewa dimana setiap jamaah dapat memanfaatkannya untuk beribadah semaksimal mungkin dengan menjauhi hal-hal yang dapat mengurangi kemabruran haji.

Baca juga:
Ratusan CJH asal Trenggalek Didominasi Lansia, Kemenag: Kondisi Masih Sehat

"Saya berharap kepada seluruh jamaah haji, untuk menaati dan menghormati berbagai peraturan, selalu tertib dan khidmat sehingga dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan sebaik-baiknya," ujar Adhy.

Adhy juga mengucapkan terima kasih kepada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur selaku koordinator penyelenggara ibadah haji atas dedikasi dan sinergitas, sehingga pelayanan haji dapat dilakukan dengan prima.

"Komitmen untuk memberikan pelayanan prima harus dijunjung tinggi. Ini juga tidak lepas dari sinergitas peran Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) yang terdiri dari beberapa unsur instansi vertikal, yang dilantik Jumat (3/5) lalu," katanya.

Baca juga:
1 CJH asal Tulungagung Batal Berangkat, Ternyata Begini Kondisinya

Di lokasi, Adhy nampak menyapa langsung para jamaah yang mengantre rapi di tempat X-ray. Ia menyempatkan diri mengobrol dengan para jamaah lansia dan disabilitas.

"Sehat-sehat dan hati-hati di jalan untuk bapak ibu semua, semoga hajinya mabrur dan kita bisa bertemu kembali," ucap Adhy.