Pixel Codejatimnow.com

Suhu Udara Arab Saudi Capai 50 Derajat, Kemenag RI Wanti-wanti Jamaah Haji

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Ni'am Kurniawan
Jamaah haji asal Jawa Timur saat akan diberangkatkan dari Embarkasi Surabaya (foto: Humas Pemprov Jatim for jatimnow.com)
Jamaah haji asal Jawa Timur saat akan diberangkatkan dari Embarkasi Surabaya (foto: Humas Pemprov Jatim for jatimnow.com)

jatimnow.com - Direktur Bina Haji Kemenag RI Arsad Hidayat mewanti-wakti jamaah haji asal Jawa Timur untuk mengurangi aktivitas berlebih saat Ibadah Haji. Pasalnya, Arab Saudi tengah memasuki musim panas, suhu maksimal mencapai 48-50 derajat celcius.

"Kurangi aktivitas yang bisa menurunkan kondisi kesehatan. Hemat tenaga termasuk lansia dan disabilitas kami sarankan untuk tidak memforsir tenaganya agar seluruh jamaah tiba di tanah air dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur," ungkap Arsad, saat mendampingi Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono melepas 366 jamaah haji di Embarkasi Surabaya, Sabtu (11/5/2024) malam.

Arsad mewanti-wanti karena mayoritas jamaah haji kali ini adalah lansia. Maka, tema tahun ini yang ia usung adalah 'Haji Ramah Lansia'.

"Seluruh layanan dari tanah air menuju ke Arab Saudi sudah dipersiapkan layanan yang ramah lansia," tambahnya.

Baca juga:
Pj Wali Kota Malang Berangkatkan 1.195 Jamaah Haji

Ia juga menegaskan, pihaknya siap memberikan pelayanan dalam penyelenggaraan ibadah haji 2024 dengan tuntas. Bahkan update kaitan dengan proses visa, hanya puluhan jamaah yang belum selesai proses.

"Insyaallah persiapan layanan di tanah suci akomodasi katering, transportasi dan puncak haji di Arafah dan Muzdalifah sudah siap," tegasnya

Baca juga:
207 CJH Kota Batu Berangkat ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya Esok

Ia berpesan kepada jamaah haji disana untuk menjaga sikap karena membawa nama baik Indonesia di tanah suci.

"Selain itu, tolong dijaga nama baik dan kehormatan sebagai warga negara Indonesia karena Indonesia sudah dikenal baik, tertib dan disiplin. Perlihatkan bahwa kita adalah bangsa yang terhormat. Tolong jaga kehormatan bangsa kita," jelasnya.