Pixel Codejatimnow.com

Melihat ODGJ di Tulungagung Latihan Menari

Editor : Yanuar D  Reporter : Bramanta Pamungkas
ODGJ di Tulungagung latihan menari. (Foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com)
ODGJ di Tulungagung latihan menari. (Foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com)

jatimnow.com - Pemerintah Desa Ringinpitu, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung memiliki cara berbeda untuk menangani warganya dalam kategori Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Setiap seminggu sekali mereka dikumpulkan di balai desa dan diajak berlatih menari dan berkesenian. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi terapi bagi para ODGJ tersebut.

Kepala Desa Ringinpitu, Suwito mengatakan sebanyak 33 warganya masuk dalam kategori ODGJ. Sebelumnya secara rutin mereka memberikan pelayanan berupa pemeriksaan kesehatan dan pengobatan bagi para ODGJ tersebut. Kemudian, mereka memiliki inisiatif untuk mengajak berkesenian para ODGJ ini.

"Biasanya mereka juga berkaraoke, melihat hal tersebut saya kepikiran bagaimana kalau mereka diajak menari," ujarnya, Rabu (5/6/2024).

Tidak semua ODGJ diajak dalam kegiatan tersebut. Budi Plandang, seniman yang ditunjuk sebagai pelatih mengatakan hanya ODGJ dengan kategori sedang dan ringan saja yang diikutkan dalam program menari ini. Hal ini dikarenakan mereka masih dapat diajak komunikasi dengan baik meski kadang tidak nyambung.

Baca juga:
Jasa Olah Daging Kurban jadi Abon di Tulungagung Banyak Diminati

“Kalau yang kategorinya ODGJ berat susah mas, kalau nanti teriak-teriak tidak bisa dikondisikan malah mengganggu yang lain," tuturnya.

Tak hanya bisa menjadi hiburan, kegiatan ini juga dinilai dapat menjadi terapi bagi ODGJ. Hal ini dikarenakan mereka cukup menikmati proses latihan tersebut. Setelah latihan para ODGJ ini juga mendapatkan layanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis.

Baca juga:
PKL di 2 Ruas Jalan Tulungagung Bakal Ditertibkan, jadi Penyebab Kemacetan

“Mungkin bisa mengendorkan syaraf juga, agar tidak terlalu kaku, kalau diajak menari bernyanyi mereka juga senang," pungkasnya.