Pixel Codejatimnow.com

Operator PPDB SMP dan SD di Tulungagung Digembleng Bimtek

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Bramanta Pamungkas
Operator PPDB saat mengikuti Bimtek yang digelar Dinas Pendidikan Tulungagung. (Foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com)
Operator PPDB saat mengikuti Bimtek yang digelar Dinas Pendidikan Tulungagung. (Foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com)

jatimnow.com - Dinas Pendidikan Tulungagung menggelar bimbingan teknis (Bimtek) operator untuk keperluan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SD dan SMP. Mereka dilatih untuk membantu proses pendaftaran siswa baru di sekolah.

Pendaftaran PPDB ini akan mulai dibuka pada 10-11 Juni mendatang. Masyarakat bisa mendaftar melalaui operator yang tersedia di SD maupun SMP.

Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung, Syaifudin Zuhri mengatakan untuk tingkat SMP terdapat 4 jalur yang akan dibuka pada PPDB tahun ini. Yakni jalur zonasi, prestasi, afirmasi dan perpindahan orang tua. Sedangkan untuk tingkat SD calon siswa baru tinggal datang dan mendaftar di sekolah yang dituju.

"Kalau untuk SD tidak ada seleksi tinggal umurnya sudah cukup pasti masuk, kecuali rombelnya sudah terpenuhi maka mencari sekolah lain," ujarnya, Kamis (6/6/2024).

Untuk tingkat SMP, pihak dinas telah membagi prosentase dapam PPDB ini. Untuk jalur zonasi minimal 50 persen, jalur prestasi 30 persen, jalur afirmasi 15 persen dan jalur perpindahan orang tua 5 persen.

Baca juga:
Jadwal Pendaftaran PPDB SMP dan SD di Tulungagung, Simak Lur!

Namun jika 3 jalur yakni prestasi, afirmasi dan perpindahan orang tua tidak dapat terpenenuhi akan diisi menggunakan sistem zonasi.

"Jadi minimal jalur zonasi 50 persen karena masih bisa bertambah lagi jika jalur yang lain tidak terpenuhi," tuturnya.

Dinas juga telah melakukan verifikasi terhadap titik azimuth siswa yang akan mendaftar. Titik azimuth ini berdasarkan KK siswa tersebut. Dari hasil verifikasi ini mereka yakin tidak ada kendala. Mereka juga menyarankan siswa mendaftar melalui operator yang ada di sekolah untuk menghindari kekeliruan.

Baca juga:
Antisipasi Pindah Alamat Dadakan, PPDB Zonasi di Surabaya Gunakan Data 2023

"Bisa juga mendaftar sendiri tapi biar tidak ribet kami anjurkan mendaftar lewat operator di sekolah," pungkasnya.