Pixel Codejatimnow.com

Puluhan Kambing Mati Juga Dibuang di Sungai Kawasan Banyuwangi

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Sugianto
Kambing mati tidak hanya di Jember, tapi juga dibuang di Banyuwangi. (Foto: Sugianto/jatimnow.com)
Kambing mati tidak hanya di Jember, tapi juga dibuang di Banyuwangi. (Foto: Sugianto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Tidak hanya di sungai Jember, puluhan kambing yang mati juga dibuang di area Gunung Gumitir, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi.

Kapolsek Sempolan AKP M. Na'i saat dikonfirmasi mengatakan, ada sekitar 30 ekor kambing dengan kondisi mati di perjalanan saat akan dikirim ke tempat penampungan Umbulsari.

Berdasarakan informasi, sebanyak 20 ekor kambing yang mati ditemukan di sungai Gumitir Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember.

Namun, sebanyak 10 ekor kambing mati ditemukan dibuang di wilayah Gunung Gumitir Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi.

"Jumlah pastinya itu gini, lokasi pembuangan itu ada 2 TKP, yang pertama itu informasinya di wilayah Kalibaru, Banyuwangi. Yang kedua ya ada di Gumitir ini," kata Kapolsek, Jumat (7/6/2024).

Baca juga:
Upaya Sekolah-sekolah Pinggiran Jember Cegah Pernikahan Dini

Puluhan Kambing yang mati itu, milik beberapa pedagang yang dibawa dari Tegalsari, Banyuwangi, untuk dijual dan dijadikan hewan kurban di Jakarta.

Namun saat perjalanan, puluhan kambing itu mati karena tertimpa papan kayu. Lalu sopir berinisiatif membuang kambing itu di wilayah Gunung Gumitir. Alasannya agar tidak menambah beban di truk, biaya dan waktu.

Baca juga:
Gagal Gondol Kotak Amal Masjid di Jember, Maling Tinggalkan Motor dan 2 HP

"Jadi kita minta konfirmasi kepada sopirnya, supaya tidak simpang siur," ujar Kapolsek.

Saat ini, para relawan Gunung Gumitir disarankan oleh Kapolsek untuk mengubur puluhan bangkai kambing, agar tidak mencemarkan lingkungan dan menyebar penyakit.