Pixel Code jatimnow.com

Kebakaran Lereng Gunung Batok Kawasan Bromo Dipastikan Sepenuhnya Padam

Editor : Zaki Zubaidi   Reporter : Haryo Agus
BPBD Probolinggo saat berusaha memadamkan api di kawasan Bromo. (Foto: BPBD Probolinggo for jatimnow.com)
BPBD Probolinggo saat berusaha memadamkan api di kawasan Bromo. (Foto: BPBD Probolinggo for jatimnow.com)

jatimnow.com - Kebakaran yang melanda Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), tepatnya di lereng Gunung Batok kini sepenuhnya padam.

Kebakaran di Lereng Gunung Batok pada Sabtu (22/6/2024) itu berulang kali muncul titik api baru setelah dipadamkan. Hal itu disebabkan karena besarnya angin di kawasan tersebut.

"Api berhasil dipadamkan pada hari itu juga sekitar pukul 21.55 WIB," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Oemar Syarif, Senin (24/6/2024).

Setelah api berhasil dipadamkan, tim gabungan yang terdiri dari BPBD, Brigdakarhut TNBTS, relawan, TNI, dan Polri, melakukan pendinginan untuk mencegah dan memastikan tidak ada titik api baru yang muncul
.
"Setelah dilakukan pemadaman petugas gabungan melakukan mop up (pendinginan). Kemudian mop up dilanjutkan hingga hari Minggu (23/4/2024)," ujarnya.

Baca juga:
11 Warung Remang di Probolinggo Dibongkar Paksa, Ada Praktik Prostitusi?

Hingga kini, petugas gabungan masih terus berpatroli untuk memastikan kebakaran tidak kembali terjadi. Serta melakukan penyelidikan penyebab kebakaran.

Oemar mengimbau kepada masyarakat sekitar kawasan Bromo atau wisatawan yang berkunjung untuk berhati-hati dan tidak sembarangan membuat api.

Baca juga:
Debt Collector di Probolinggo Babak Belur Dikeroyok, 11 Pelaku Buron

"Dalam menghadapi musim kemarau yang kering dan angin yang kencang, mengimbau kepada semua pihak untuk selalu berhati hati dan tidak membuat api di sekitar kawasan Bromo, sehingga terhindar dari hal-hal yg tidak kita inginkan, demi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bersama," imbaunya.