Pixel Code jatimnow.com

Satlantas Polresta Malang Kota Pasang 3 Kamera E-TLE Tambahan, Ini Lokasinya

Editor : Endang Pergiwati   Reporter : Gerhana
Kamera E-TLE yang berada di Jalan Ahmad Yani atau tepatnya di Simpang Masjid Sabilillah Kota Malang. (Foto: Satlantas Polresta Malang Kota for jatimnow.com)
Kamera E-TLE yang berada di Jalan Ahmad Yani atau tepatnya di Simpang Masjid Sabilillah Kota Malang. (Foto: Satlantas Polresta Malang Kota for jatimnow.com)

jatimnow.com - Satlantas Polresta Malang Kota menambah 3 kamera Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) statis atau non mobile di Kota Malang, Jawa Timur. 3 unit kamera E-TLE itu hibah dari Korlantas Polri.

Kasat Lantas Polresta Malang Kota, Kompol Aristianto Budi Sutrisno mengatakan, pihaknya mendapat hibah dari Korlantas Polri sebanyak 11 kamera CCTV. Selain E-TLE, sejumlah 4 CCTV untuk Analytic, dan 4 CCTV untuk Monitoring.

Dirinya menjelaskan, bahwa 3 kamera E-TLE statis tambahan itu bakal dipasang di tiga titik lokasi rawan pelanggaran lalu lintas. Diantaranya yaitu Simpang Kaliurang Jalan Letjen Sutoyo Kecamatan Klojen, Simpang Kasin Jalan Arif Margono Kecamatan Klojen.

"Satu lagi di Simpang UB Jalan MT Haryono (lebih dikenal Simpang Jembatan Jalan Soekarno - Hatta)," kata Kompol Aris, Jumat (28/6/2024).

Saat ini, di Kota Malang baru terdapat satu kamera E-TLE statis di Jalan Ahmad Yani atau tepatnya di Simpang Masjid Sabilillah Kota Malang. Pihaknya mengungkapkan, bahwa kamera E-TLE statis tambahan akan segera dipasang secepatnya.

"Saat ini proses pemasangan masih terus berjalan, tiang-tiangnya sudah terpasang," ujarnya.

Baca juga:
Pencurian di Masjid Jember Terekam CCTV, Kades Sebut Sudah Sering

Dengan adanya penambahan tersebut, maka total E-TLE statis di Kota Malang akan berjumlah 4 unit. Kompol Aris menyampaikan, adanya penambahan E-TLE statis tersebut sebagai upaya meningkatkan keselamatan dan ketertiban berlalu lintas.

"Ini merupakan bagian dalam penindakan pelanggaran," katanya.

Di sisi lain, untuk kamera Analytic, berfungsi untuk menghitung jumlah arus kendaraan serta menganalisa pelanggaran lalu lintas. Sedangkan, untuk kamera Monitoring, dipakai untuk memantau kondisi arus lalu lintas.

Baca juga:
Pelaku Begal Payudara Gentayangan di Kota Malang, Videonya Viral di Medsos

Untuk CCTV Analytic, dipasang di Jalan Lowokdoro Kecamatan Sukun, Jalan Sudanco Supriadi Kecamatan Sukun, Jalan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru, dan Jalan Raya Balearjosari Kecamatan Blimbing.

Kemudian, CCTV Monitoring dipasang di Jalan Panglima Sudirman Kecamatan Blimbing, Jalan Raya Kepuh Kecamatan Sukun, Jalan MT Haryono Kecamatan Lowokwaru, dan Jalan Tumenggung Suryo Kecamatan Blimbing.

"Seluruh kamera tersebut, terintegrasi dan dimonitor di Traffic Management Center (TMC) yang ada di Pos Lantas Alun-Alun Merdeka Kota Malang. Saat ini, TMC sedang dibangun dan dalam proses pengerjaan," ungkapnya.