Pixel Code jatimnow.com

Trenggalek Terima Anugerah Merdeka Belajar Kategori Transformasi Pengelolaan Pendidikan

Editor : Yanuar D   Reporter : Bramanta Pamungkas
Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin bersama kepala daerah lain saat menerima penghargaan. (dok. Prokopim Trenggalek)
Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin bersama kepala daerah lain saat menerima penghargaan. (dok. Prokopim Trenggalek)

jatimnow.com - Kabupaten Trenggalek menerima Anugerah Merdeka Belajar tahun 2024 dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia kategori transformasi pengelolaan pendidikan.

Penghargaan tersebut diterima Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin pada puncak rangkaian Festival Kurikulum Merdeka 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jumat (5/7/2024).

Usai menerima penghargaan, Bupati yang akrab disapa Mas Ipin mengatakan bahwa capaian tersebut sejalan dengan meningkatnya angka partisipasi sekolah di Trenggalek.

“Kolaborasinya multi pihak, kita bareng UNICEF kita berusaha bagaimana anak putus sekolah itu bisa kembali bersekolah," ujarnya.

Kebijakan desa nol perkawinan anak juga meningkatkan angka partisipasi sekolah di Trenggalek. Dengan kebujakan tersebut angka putus sekolah karena pernikahan usia dini bisa dikendalikan.

Baca juga:
Bupati Trenggalek Panen Padi di Lahan Hemat Air

“Kemudian dengan kebijakan desa nol perkawinan anak sekarang angka putus sekolah yang dikarenakan pernikahan usia dini itu juga bisa kita kendalikan," tuturnya.

Saat menerima Anugerah Merdeka Belajar, Mas Ipin juga mengenakan pakaian batik khas PKK. Menurutnya hal itu sebagai apresiasi dan dukungan kepada PKK yang mendorong transformasi pendidikan melalui Sepeda Keren.

Baca juga:
Puluhan Tahun Jalan Rusak, Ratusan Warga Demo di Pendapa Trenggalek

“Karena salah satu transformasinya, sekolah perempuan dan juga disabilitas, ini juga mendorong seluruh ekosistem pendidikannya semakin inklusif," terangnya.

"Jadi saya juga terima kasih kepada Ibu Ketua PKK untuk menyelenggarakan sekolah perempuan dan lain sebagainya, jadi ini penghargaan untuk seluruh masyarakat, dan kami di Kabupaten Trenggalek terus termotivasi untuk bagaimana Merdeka Belajar ini bisa diterapkan dengan sebaik-baiknya," pungkasnya.