Dikaitkan Bencana, Benarkah Kolam Renang ini Ada Alat Pencipta Ombak?

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Budi Sugiharto

Screenshot video viral ombak besar di kolam renang

jatimnow.com - Di tengah geger video viral tentang ombak besar yang terjadi di kolam renang, beredar pesan berantai yang menyebutkan kemungkinan adanya alat khusus pembuat ombak yang sengaja dipasang.

Alasannya pesan yang viral Selasa (2/10/2018, kolam tersebut berada di basis militer TNI AL Juanda, Sidoarjo sehingga untuk kepentingan pelatihan prajurit sebelum dia terjun ke laut.

"Sekedar info, dan ini ilmu buat yang kurang paham tentang beberapa system di kolam renang.

Bbrp kolam renang ada yang di pasangin alat untuk Ombak seperti dalam Video.. gunanya adalah untuk tentara AL (dengan istilah pasukan katak),diver yang akan kerja di remote area offshore semua latihan diving di arus kuat sebelum dia terjun ke laut sebenarnya..

 Dan latihan mereka memang harus kolam renang seperti itu.. yg ada kolaborasi dengan AL. Untuk yg kerja di Offshore mereka wajib mempunyai sertifikat Marine survival.. nah syarat nya renang di kolam renang yg di pasangin arus kuat seperti di atas itu.

 Masalah yg videoin itu orang awam yg mungkin gak paham, dan disangkut pautkan dengan bencana..

Untuk doanya semoga ALLAH lindungin kita semua... Amiiiiin ya rabb".

Mendadak viral karena video yang menggambarkan kemunculan ombak di kolam yang sepi itu dikaitkan dengan terjadinya bencana gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah dan sebelumnya.

Pada video yang berdurasi 2.17 menit ini menyebut kolam renang TNI AL di Juanda (sekitar Bandara Juanda). Saat ombak besar terjadi, terlihat hanya ada satu orang yang duduk di tepi kolam.

Pesan yang menyertai video masih menyebar berantai hingga Selasa (2/10/2018).

"Update berita dr teman di Sby.. Fenomena aneh di kolam renang AL Juanda Waru..

Kolom ini aneh ...bergerak sendiri tidak ada yg berenang disini, ini kolam renang juanda AL sdh 3 hari ini n sebelum gempa di Palu juga bergerak sendiri, hrsnya sgr diteliti ini... Semoga P. Jawa aman dari gempa ...

Aneh betul n misterius, apakah ini alam memberikan tanda2nya .. Seblm gempa Palu ini air kolam renang tsb gerak 2 lagi ..hmmmm, coba dilihat.."

Di dalam video itu memperlihatkan deburan ombak di kolam renang yang dalam keadaan sepi. Ombak besar terjadi seperti halnya di pantai.

Terdengar percakapan singkat dua orang. Salah satunya diduga bernama Pak Ikhsan yang biasa jaga di kolam renang tersebut.

Begini dialognya:

Pria tak didiketahui namanya:

Baru kali ini ya Pak Ikhsan?

Pak Ikhsan:

Tiga kali Ndan, tsunami Aceh kan (suara tidak jelas). Saya suruh naik semua (menyebut tidak jelas). Ombak wuf, malamnya juga begitu.. Nias itu. Untung kita satu meter dari itu. Kok (tidak jelas) sudah habis

 

 

Percaya?


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter