Alumni SMAN 3 Bojonegoro dan Polisi Deklarasi Perangi Hoaks

Editor: Arif Ardianto Budi Sugiharto / Reporter:

Suasana reuni perak angkatan 93 SMAN 3 Bojonegoro.

jatimnow.com - Polisi tak henti-hentinya mengajak untuk bersama-sama memerangi penyebaran hoaks ataupun ujaran kebencian.

Ajakan tersebut disampaikan Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu Sri Bintoro disaat memberikan sambutan Reuni Perak Angkatan 93 SMAN 3 Bojonegoro, Sabtu (17/3/2018).

"Gunakan medsos untuk pertemanan yang positif," kata Wahyu.

Polisi, kata Wahyu, akan bertindak sesuai hukum dan undang-undang yang ada. Sejumlah terduga pelaku penyebaran hoaks dan ujaran kebencian diamankan dan diproses hukum.

"Propaganda, agitasi dan provokasi melalui medsos merupakan ancaman baru. Kita wajib bersama-sama melawan upaya mengadu domba dengan berita bohong. 92 persen disebarkan di medsos," terang dia.

Wahyu menjelaskan bahwa polisi juga memiliki strategi khusus untuk mengantisipasi. Salah satunya mendorong dan mengedukasi publik atau netizen berinternet dan bersosmed dengan sehat.

"Netizen yang smart dan produktifitas yang bermanfaat serta kreatif. Harapan kami saat ini tahun pilkada untuk hati-hati dalam menyebarkan informasi yang belum tentu akurat. Jangan ikut memproduksi ujaran kebencian," jelas dia.

Ia mengingatkan kepada para alumni SMAN 3 Bojonegoro yang tersebar di Nusantara untuk ikut menjaga kerukunan dan menangkal hoaks.

"Teman-teman jika kembali ke daerah asalnya, tolong tularkan virus anti hoaks dan ujaran kebencian. Indonesia wajib kita jaga," pintanya.

Di tengah reuni, ratusan alumni dan kapolres mengumandangkan ikrar bersama-sama menolak hoaks atau kabar bohong, ujaran kebencian dan menjaga kerukunan.

Reporter: Budi Sugiharto
Editor: Arif Ardianto

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter