Polisi Gagalkan Penyelundupan Satwa Dilindungi di Perairan Surabaya

Editor: Arif Ardianto Narendra Bakrie / Reporter:

Proses penyerahan satwa-satwa dilindungi oleh Ditpolair Polda Jatim ke BBKSDA Jatim.

jatimnow.com - Polisi menggagalkan penyelundupan satwa dilindungi di perairan Surabaya. Satwa tersebut merupakan jenis burung, sedikitnya berjumlah 8 ekor.

Penggagalan itu dilakukan Subdit Gakkum Ditpolair Polda Jatim beberapa waktu lalu dalam operasi rutin di perairan Surabaya. Pada Jumat (19/10/2018) kemarin, burung-burung dilindungi itu sudah diserahkan ke BBKSDA (Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam) Jatim.

"Itu merupakan hasil operasi rutin kami di perairan Surabaya," sebut Dir Polair Polda Jatim, Kombes Pol Agusli Rasyid, Sabtu (20/10/2018).

Agusli menambahkan, operasi itu dilakukan setelah mendapat infomasi adanya satwa dilindungi yang hendak masuk ke Surabaya melalui jalur laut.

Berdasarkan informasi itulah, Subdit Gakkum melakukan pemeriksaan pada kapal cargo dan penumpang yang dicurigai hingga menemukan burung-burung itu.

Terpisah, Nandang Prihadi, Kepala BBKSDA Jatim mengatakan, 8 satwa jenis burung dilindungi yang diserahkan Ditpolair Polda Jatim itu antara lain 1 ekor Kakatua Seram, 2 ekor Kakatua Tanimbar, 2 ekor Nuri Tanimbar dan 3 ekor Nuri Bayan.

"Barang bukti ini dititipkan kepada kami untuk keberlangsungan hidup burung dilindungi tersebut. Sedangkan kasusnya ditangai Ditpolair Polda Jatim," pungkas Nandang.

 

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter