Kapal Ro-Ro Surabaya Akan Diaktifkan, Bagaimana Nasib Tol Trans Jawa?

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Jajeli Rois

Gubernur Jawa Timur Soekarwo saat bertemu dengan Menteri Perhubungan.

jatimnow.com - Pemprov Jatim dan Kementerian Perhubungan akan mengaktifkan angkutan barang melalui kapal Ro-Ro tujuan Surabaya-Jakarta. Jika jalur laut itu beroperasi, bagaimana nasib jalan tol trans Jawa sebagai jalur transportasi darat angkutan barang dan jasa yang menghubungkan Jakarta-Surabaya.

Jalan tol Trans Jawa adalah jaringan jalan tol yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa dan menghubungkan dua kota terbesar di Indonesia yakni Jakarta-Surabaya.

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, jika kapal Ro-Ro Surabaya ke Jakarta dan sebaliknya diaktifkan, maka akan terjadi equilibrium.

"Kita butuhkan buttom line biaya logistik, karena biaya logistik kita dipantau secara internasional," kata Menhub kepada wartawan usai menggelar pertemuan dengan Gubernur Jawa Timur Soekarwo di kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III, Juanda, Sidoarjo, Sabtu (20/10/2018).

Turunya biaya logistik bakal menaikkan peringkat logistic perfomance index (LPI).

"Rangking kita sudah naik pada tahun ini. Tapi kita ingin naik lebih drastis. Kalau kita bisa menekan unsur-unsur biaya logistik, mengapa tidak," tuturnya.

Menhub menegaskan, untuk jalan tol sudah ada pasarnya sendiri. "Jadi barang-barang dari Jakarta ke Cirebon, dari Cirebon ke Demak atau Solo, itu tetap pakai jalan tol. Yang dari Jakarta ke Surabaya kita mau pindahkan (melalui kapal Ro-Ro)," jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan, Menhub akan berdiskusi dengan Menteri PU PR untuk membahas tarif tol.

"Pak menteri akan berdiskusi dengan Menteri PU, bagaimana ongkos kendaraan-kendaraan di tol bisa dipertimbangkan lebih murah lagi," katanya.

"Saya kira ini langkah bagus (pengaktifan kapal Ro-Ro Surabaya-Jakarta), sehingga distribusi barang lancar, ekonomi jalan. Saya kira ini kesempatan bagus untuk ekonomi Jawa Timur," jelas gubernur yang biasa disapa Pakde Karwo.

Menhub Budi Karya Sumadi menggelar pertemuan dengan Gubernur Jatim Soekarwo serta pihak terkait seperti dari Sekjen Indonesian National Shipowners' Association (INSA).

Mereka membahas tentang angkutan barang melalui pelabuhan-pelabuhan di Jawa Timur. Termasuk membahas pengaktifan kapal angkutan kargo Ro-Ro tujuan Surabaya-Jakarta, yang diperkirakan akan aktif sekitar 3 bulan lagi.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter