Di Banyuwangi, KH Ma'ruf Amin Ziarah ke Makam Pendiri NU

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Hafiluddin Ahmad

KH Ma'ruf Amin saat berziarah ke makam KH Saleh Samsuddin Lateng.

jatimnow.com - Calon Wakil Presiden (Cawapres) KH Ma'ruf Amin melakukan safari politik ke sejumlah tempat di Banyuwangi, Rabu (31/10/2018).

Selain berkunjung ke Pondok Pesantren Darussalam Blokagung, Desa Karangsari, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi. Pendamping Capres Jokowi ini juga berziarah ke makam salah seorang pendiri Nahdlatul Ulama (NU), yakni KH Saleh Samsuddin Lateng.

Pada saat itu, KH Ma’ruf Amin menjelaskan kiprah semasa hidup Kiai Saleh sapaan KH Saleh Samsuddin Lateng, perlu untuk diteladani keikutsertaannya dalam mendirikan organisasi NU.

"Dulu, Kiai Saleh ini santrinya Syaikhona Kholil Bangkalan. Beliau ini termasuk penggerak NU yang gigih," kata KH Ma’ruf Amin seusai ziarah.

Salah satu perjuangan yang dilakukan oleh Kiai Saleh dan patut diakui NU adalah suksesnya Muktamar IX NU di pesantrennya tahun 1934.

Saat itu, lanjut KH Ma'ruf, di Pesantren Lateng ini juga melahirkan organisasi kepemudaan NU, yakni Anshoru Nahdlatoel Oelama (ANO).

"Organisasi ini yang menjadi cikal bakal GP (Gerakan Pemuda) Ansor yang resmi menjadi bagian dari NU," tegasnya.

Jasa dan perjuangannya dalam mewujudkan kemerdekaan Republik Indonesia ini, juga besar sebelum mendirikan organisasi keagamaan NU. Karena selain konfrontasi terhadap penjajah waktu itu, Kiai Saleh juga mengajarkan faham antikolonialisme kepada santri-santrinya.

"Pada 1917, pesantrennya sempat dibakar oleh Belanda karena mengajarkan faham antikolonialisme pada santri-santrinya," katanya.

Namun, perjuangan dan kegigihan ulama bersama santri-santri dalam kemerdekaan seakan-akan terpendam. Baru di tahun 2015 lalu, Hari Santri Nasional disahkan dan diperingati di seluruh nusantara.

"Maka santri milenial, santri zaman now, ulama zaman now harus memiliki optimisme yang tinggi mengisi kemerdekaan. Mencontoh para pendahulu," tandasnya.

Nama Kiai Saleh sendiri, oleh masyarakat hingga saat ini dipatenkan sebagai nama tempat yakni, Kelurahan Lateng yang masuk wilayah Kota Banyuwangi.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter