Kampus ini Bebaskan Capres Beri Pendidikan Politik ke Mahasiswanya

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Acara dialog interaktif sosialisasi pemilih pemula di Unitomo Surabaya

jatimnow.com - Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya menggelar dialog interaktif sosialisasi pemilih pemula menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak di tahun 2019 mendatang.

Mengangakat tema 'Memilih itu Juara', kegiatan yang digelar di kampus setempat juga diikuti 500 siswa SMA, SMK dan mahasiswa dengan narasumber diantaranya Choirul Anam, Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jatim serta Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jatim, Ikhwanudin Alfianto.

Bachrul Amiq, Rektor Unitomo Surabaya mengatakan, pendidikan politik praktis penting bagi pemilih pemula. Sehingga dirinya membuka lebar pintu kampus bagi para politisi untuk memberikan pendidikan politik.

"Pemilih pemula diharapkan menggunakan hak pilihnya pada pesta demokrasi di Indonesia, baik Pilkada, Pileg maupun Pilpres secara bijaksana. Kami terbuka lebar bagi politisi jika ingin berkunjung ke kampus kami," ujar Bahrul Amiq. Senin (5/11/2018).

Ia menambahkan, atas undangan itu, tidak menutup kemungkinan jika ada capres-cawapres yang akan berkontestasi pada pilpres 2019 ini memberikan pendidikan politik dikampus Unitomo.

"Kita terima dengan tangan terbuka, namun koridor-koridor dari KPU harus kita patuhi. Bagaimana agar tidak kampanye di lembaga pendidikan," tambah Bahrul Amiq.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Satya Widya Yudha mengatakan, pentingnya menanamkan demokrasi bagi pemilih pemula.

"Setidaknya ada 196,5 juta pemilih dalam Pemilu 2019 nanti. Dari jumlah itu 7,4 persen diantaranya atau sekitar 14 juta pemilih merupakan generasi muda yang memiliki hak pilih untuk pertama kalinya", ungkapnya.

Sementara dari pihak kepolisian dihadirkan AKBP Eddwi Kurniyanto, Kepala Bagian Operasional (Kabag. Ops.) Polrestabes Surabaya meemberi paparan tentang pentingnya menjaga ketertiban dan mencegah kecurangan dalam pesta demokrasi yang akan dilaksanakan 2019 nanti.







jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter