Pixel Code jatimnow.com

Banyak Peserta CPNS Tak Lolos, Kepala BKN Siapkan Regulasi Terbaru

Bima Haria Wibisana, Kepala BKN Indonesia saat meninjau di SMKN 2 Kota Malang (Avirista Midaada / jatimnow.com)
Bima Haria Wibisana, Kepala BKN Indonesia saat meninjau di SMKN 2 Kota Malang (Avirista Midaada / jatimnow.com)

jatimnow.com - Banyaknya peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau kini disebut Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tak lolos passing grade atau batas minimal membuat sejumlah posisi PNS terancam kosong.

Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, pihaknya masih melakukan pengkajian regulasi terkait sistem kelolosan peserta CPNS.

"Kalau di daerah solusinya bagaimana. Kita lihat, kalau itu dibiarkan kosong. Formasi tahun ini sebagian besar guru dan tenaga kesehatan. Kalau kosong, ini siapa yang mengisi. Lebih baik ada guru daripada tidak," ujarnya, Bima kepada awak media, Jum'at (16/11/2018).

Namun saat ditanya apakah akan menurunkan passing grade, Bima enggan melakukannya. Menurutnya, jika diturunkan akan mendapat kualitas pegawai yang jelek.

"Kalau diturunkan passing grade, dapatnya ASN yang jelek. Mungkin penurunan passing grade bukan pilihan," bebernya.

Namun pihaknya telah menggodok regulasi baru terkait posisi yang masih kosong lantaran banyaknya peserta yang tak lolos passing grade.

"Nanti akan kita peringkat mana nilai yang terbaik. Tapi kita pisahkan mana yang lolos murni dan mana yang peringkat. Semalam suratnya sudah keluar belum saya lihat," jelasnya.

Jadi bagi peserta yang tak memenuhi passing grade dapat lolos tes tahap selanjutnya asalkan secara peringkat dan kebutuhan kuota memang masih dibutuhkan.

Baca juga:
Kritik Pemkab Kediri, 3 CPNS Malah Dapat Hadiah Pelatihan Mandiri dari Mas Dhito

Baca juga:
Hadapi Ancaman Krisis Dunia, Khofifah Minta ASN Terus Inovasi dan Kreatif