Driver Ojek Online Tulungagung Gelar Demo Protes Pernyataan Prabowo

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Bramanta Pamungkas

Demo ojek online di Tulungagung

jatimnow.com - Puluhan sopir atau driver ojek online menggelar aksi demonstrasi di halaman kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu Tulungagung, Sabtu (24/11/2018). Mereka memprotes pernyataan Calon Presiden (Capres) Parbowo Subianto yang dianggap merendahkan profesinnya.

Prabowo Subianto yang menyatakan pemuda Indonesia memilih bekerja sebagai tukang ojek usai lulus SMA. Pernyataan ini disampaikan pada Indonesia Economic Forum di Jakarta pada Rabu (21/11/2018) lalu.

Koordinator aksi, Suryo Widianto menuturkan, pernyataan tersebut tidak layak diungkapkan oleh seorang calon presiden. Menurutnya pernyataan ini dirasa sangat merendahkan pekerjaan tukang ojek. Padahal pekerjaan sebagai tukang ojek pangkalan maupun online merupakan profesi yang mulia dan bisa untuk menghidupi keluarganya dirumah.

"Tukang ojek ini profesi yang mulia, dan tidak bisa diremehkan seperti itu, kita menghidupi keluarga dengan profesi ini dan halal," ujarnya, Sabtu (24/11/2018).

Dalam aksi damai ini pihaknya meminta penyelenggara pemilu, baik KPU dan Bawaslu untuk menyampaikan aspirasi mereka kepada KPU RI pusat dan Bawaslu Pusat, sehingga didengarkan oleh capres Prabowo. Selain itu mereka juga menuntut agar Prabowo meminta maaf melalui media masa, terkait pernyataanya ini.

"Prabowo harus meminta maaf dihadapan media, surat kabar, koran maupun televisi, agar bisa dilihat langsung oleh masyarakat," tuturnya.

Sementara itu Komisioner KPU Tulungagung, Khoirul Anam mengatakan, pihaknya menerima kedatangan aliansi ojek tersebut dan berjanji akan menyampaikan tuntutan mereka kepada KPU RI. Selebihnya keputusan mengenai permintaan mereka, tergantung kepada KPU RI yang berwenang dalam hal ini.

"Sebenarnya jika dirasa melanggar kampanye atau pemilu itu kewenangannya Bawaslu, tapi tetap kita terima surat pernyataannya dan akan kita teruskan ke KPU RI," pungkasnya.



Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter