Asrama Ponpes Al Azhar Gresik Ambruk, Polisi: Konstruksinya Tidak Kuat

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Jajeli Rois

Kondisi gedung asrama putri Ponpes Al Azhar di Suci Gresik yang ambruk (foto: istimewa)

jatimnow.com - Gedung asrama putri Pondok Pesantren (Ponpes) Al Azhar di Desa Suci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik yang ambruk, diduga karena konstruksi bangunannya tidak kuat.

"Kemungkinan konstruksi bangunannya yang tidak kuat," sebut Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro, Selasa (27/11/2018) malam.

Wahyu menjelaskan, pihaknya sudah meminta keterangan tiga orang saksi, yaitu pengasuh Ponpes Al Azhar, KH Imam Bukhori serta dua orang lainnya, Solik dan Nur.

"Dari keterangan pengasuhnya, bangunan itu berdiri sekitar tiga tahun lalu," ungkap Wahyu.

Dari hasil pemeriksaan sementara, gedung asrama empat lantai itu memiliki kontruksi besi pada bangunan yang diduga tidak sesuai ukuran. "Besinya kecil, sehingga diduga tidak kuat menahan beban," tegasnya.

Saat ditanya apakah akan meminta keterangan pihak kontraktor, Wahyu menyatakan semua itu tergatung komplain dari pengasuh ponpes.

"Kalau ada komplain dari beliau (pengasuh ponpes) dan sebagainya, otomatis nanti kita lakukan pemeriksaan," tambahnya. Untuk itu, di lokasi ambruknya asrama, sudah dipasang garis polisi.

Gedung asrama putri Ponpes Al Azhar di Desa Suci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik itu, ambruk sekitar pukul 20.00 Wib.

Sebelum ambruk, bangunan sudah terlihat miring sekitar pukul 16.00 Wib. Sore itu, sekitar 100 santriwati yang tinggal di asrama, diungsikan ke Ponpes Al Azhar Boteng, Kecamatan Menganti, Gresik.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter