Langgar Aturan Pemilu, Panwas Kota Probolinggo Bersihkan APK dan BK

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Mahfud Hidayatullah

Bawaslu bersama dengan tim gabungan melakukan penertiban APK dan BK yang melanggar aturan.

jatimnow.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) geram setelah mengetahui menjamurnya Alat Peraga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK) Pemilu di Kota Probolinggo yang melanggar aturan.

Bawaslu Probolinggo akhirnya mengambil sikap tegas dengan menurunkan paska APK dan BK tersebut pada Kamis (29/11/2018) siang. Bersama dengan tim gabungan, petugas menurunkan paksa APK dan BK yang melanggar.

Beberapa APK dan BK terlihat melanggar baik di gedung DPRD, gedung DPRD Provinsi dan gedung DPD. Bahkan APK dan BK Capres-Cawapres yang terpasang di Jalan Sudirman, Jalan Gatot Subroto, Jalan Soekarno Hatta yang merupakan jalur protokol turut dibersihkan.

Samsun Ninilaw komisioner Bawaslu Kota Probolinggo, mengatakan jika pihaknya melakukan penertiban di sejumlah jalan yang dilarang dalam pemilu untuk dipasangi APK dan BK. "Yang tidak sesuai zonasi APK dan BK kami tertibkan," ujarnya.

Menurutnya, APK dan BK hanya bisa dipajang atau pasang ditempat khusus atau yang sudah ditentukan oleh KPU. Dan bukan di tempat fasilitas umum seperti di depan sekolah atau perkantoran.

Dan juga pemasangan APK dan BK juga dilarang dipasang di tempat yang bukan yang dikategorikan di jalan protokol, termasuk ditemukannya baliho di angkutan umum.

"APK atau BK yang ada di fasilitas umum termasuk angkutan umum dicopot dan di sejumlah jalan protokol juga dibersihkan," tegasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter