Empat Ribu Lebih Istri di Malang Gugat Cerai Suami

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Avirista Midaada

Kantor Pengadilan Agama Kabupaten Malang

jatimnow.com - Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Malang mencatat ada 5.998 kasus perceraian terjadi sepanjang Januari hingga Oktober 2018. Dari jumlah tersebut, 1.884 perkara merupakan cerai talak yang dilayangkan suami ke istri. Sedangkan 4.114, merupakan gugat cerai yang dilayangkan oleh istri kepada suaminya.

Wakil Ketua Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Malang Supadi menyampaikan, jumlah gugatan perceraian yang diajukan ke PA, lebih tinggi dilakukan pihak perempuan (istri) dibanding laki-laki (suami).

Menurutnya, angka perceraian yang terus meningkatkan disebabkan perselisihan dalam rumah tangga merek. Perselisihan itu muncul karena banyak faktor, mulai dari ekonomi, kurang tanggung jawabnya suami menafkahi istri, hingga adanya orang ketiga alias perselingkuhan.

"Yang mendominasi sih faktor ekonomi," beber Supadi kepada jatimnow.com, Kamis (6/12/2018).

Dengan beban hidup yang semakin tinggi, faktor ekonomi menjadi salah satu penyebab banyaknya kasus perceraian atas faktor tersebut di Kabupaten Malang.

"Sekarang bisa juga karena pihak istri sudah melek hukum. Artinya jika ada masalah rumah tangga dan tidak bisa diselesaikan, maka sesuai undang-undang, boleh diselesaikan di pengadilan," pungkasnya.

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter