Saluran Irigasi di Lereng Gunung Ijen Mampet, Ini Harapan Kades

Editor: Arif Ardianto / Reporter:

Para pekerja di lokasi tanaman bawang putih lereng Ijen

jatimnow.com - Hujan deras yang melanda kawasan lereng pegunungan Ijen, juga berakibat terhadap sejumlah saluran irigasi di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS).

Seperti hujan yang terjadi pada Kamis (15/3/2018) sekira pukul 12.00-15.00 Wib yang mengakibatkan daerah hilir di Kelurahan Lateng, Banyuwangi, mampet

Kepala Desa Tamansari Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi, Rizal Saputra mengatakan akibat banjir bandang yang terjadi Kamis (15/3/2018) lalu, sejumlah saluran irigasi persawahan di beberapa Dusun Krajan mampet. Namun, ia mengaku dampak secara langsung tidak ada.

"Derasnya hujan itu ada beberapa tempat yang harus disiasati saluran irigasinya, seperti di daerah Blimbingsari karena limpahan dari 3 dusun, salah satunya di Dusun Krajan akibat pertemuan dari 5 DAS," terang Rizal kepada jatimnow.com, Kamis (22/3/2018).

Oleh karena itu, ia berharap lahan yang berada di daerah pegunungan lereng Ijen dijadikan mitigasi, baik oleh perhutani maupun penanaman bawang putih yang dilakukan PT Perkebunan Lidjen.

"Ada mitigasi jangka pendek dan jangka panjang, baik penanaman oleh perhutani maupun oleh PT Perkebunan Lidjen. Hal ini untuk mengantisipasi dampak yang akan ditimbulkan nantinya," kata dia.

Harapan itu penting mengingat daerah pegunungan lereng Ijen merupakan daerah penyangga hujan yang ada di kawasan hulu.

Selain itu, untuk mengantisipasi terjadinya banjir bandang seperti yang terjadi pada Bulan Desember 2017 lalu.

"Manajemen lahan juga diatur, jangan sampai ada bukaan lahan hutan ketika menjelang musim hujan," ujar Rizal.

 

Reporter: Hafiluddin Ahmad

Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter