Pemudik Digratiskan Bila Terjebak Macet di Tol Hingga 3 Kilometer


Kapolda Irjen Pol Machfud Arifin saat memberikan paparan pada kunjungan Kapolri bersama Panglima TNI di Tol Ngawi

jatimnow.com - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan akan melakukan diskresi jika antrian tol mengular pada momen arus mudik dan balik lebaran 2018.

"Perlakuan diskresi itu sebenarnya di tangan Korlantas dan Perhubungan. Nanti jika dirasa cuaca panas dan antrian 3 km cukup panjang bisa saja dilakukan diskresi," kata Basuki.

Sementara Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, akan melakukan diskresi untuk membebaskan biaya tol jika sudah mengurai sepanjang 3 km. Hal itu diungkapkan saat mengunjungi rest area Tol Solo-Ngawi, di Kabupaten Ngawi, Minggu (10/6/2018) sore.

"Jika memang sudah antri 3 km, tentu akan kami lepaskan atau kami lakukan diskresi," kata Budi saat konferensi pers di Ngawi.

Tapi, lanjut ia, bukan berarti tidak membayar semua di belakangnya. Ketika 3 km di lepas untuk tidak bayar, ekornya tetap akan membayar.

"Jadi mudik tetap lancar, namun negara tidak merugi. Juga tidak terlalu mengambil untung," terangnya.

Sementara itu, Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian mengaku setuju dengan usulan pembebasan biaya tol apabila antrian sudah mengular.

Tito memohon kebijaksanaannya kepada Menteri PUPR selaku penanggung jawab proyek tol untuk mementingkan situasi darurat.

"Ya berperikemanusiaan kepada para pemudik," pungkas Tito.

Reporter: Mita Kusuma
Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter