Anggota DPRD Trenggalek Dites Urine, Ini Hasilnya

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Bramanta Pamungkas

Petugas BNNK melakukan tes urine sejumlah anggota DPRD Kabupaten Trenggalek

jatimnow.com - Sejumlah anggota DPRD Kabupaten Trenggalek dites urine usai rapat paripurna, Selasa (18/12/2018). Dari 45 anggota, hanya 21 yang mengikutinya dan sisanya tidak hadir dalam rapat.

Tes urine itu dilakukan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Trenggalek menggelar usai rapat paripurna pembahasan perda 2018.

Dokter Klinik BNNK Trenggalek, Tri Siswo Yuwono mengatakan, dari hasil tes urine tersebut, ditemukan satu anggota DPRD positif mengonsumsi obat-obatan yang mengandung zat berbahaya. Meski begitu, BNNK sendiri masih akan melakukan asessment untuk mengetahui jenis obat-obatan yang dikonsumsi.

"Zat tersebut biasa terdapat dalam sejumlah obat seperti ampisilin dan minuman isotonik, kita masih akan lakukan pendalaman lagi," terang Tri Siswo.

Menurutnya, hasil pemeriksaan urine itu belum bisa menjadi bukti bahwa yang bersangkutan mengkonsumsi obat-obat terlarang. Atas dasar itu, BNNK berencana melakukan tes urine ulang terhadap anggota DPRD itu.

Sedangkan untuk membuktikan apakah yang bersangkutan bersih dari narkoba atau tidak, dibutuhkan waktu sekitar seminggu. "Yang paling akurat harus melalui uji laboratorium, ini baru tes urine pertama sebagai screening saja," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Trenggalek, Guswanto mengaku sangat mendukung adanya tes urine bagi anggota legislatif itu. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa mereka bebas narkoba.

"Kegiatan ini bisa menjadi bukti bahwa kami bebas narkoba," pungkas politisi dari fraksi PDIP ini.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter