Keren, Selokan Kotor Disulap Menjadi Tempat Edukasi Budidaya Ikan

Editor: Erwin Yohanes / Reporter:

Kampung ikan di Dusun Krajan, Desa Jajag, Gambiran, Banyuwangi

jatimnow.com - Kelompok budidaya ikan tawar di Dusun Krajan, Desa Jajag, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi, ini terbilang kreatif.

Mereka memanfaatkan saluran air sebagai pengganti kolam. Kini, tempat itu menjadi jujugan anak-anak sebagai wahana edukasi.

Saluran air sepanjang 100 meter yang persis ditepi jalan raya disekat menjadi beberapa kolam. Diisi dengan bibit ikan tawar seperti gurami, ikan mas dan nila.

Sebelumnya, saluran air itu kotor dan dipenuhi sampah. Namun kini berubah menjadi bersih dan enak dipandang.

"Dulu kotor sekali, baunya juga mengganggu. Alhamdulillah, perlahan warga mulai sadar kebersihan dan memanfaatkan saluran air sebagai media budidaya ikan," jelas Wibi Untoro (48), Ketua Kelompok Budidaya Ikan Banyu Bening, Jajag, ditemui di lokasi, Sabtu (24/3/2018).

Untuk menarik kesadaran warga lainnya, Wibi dan rekannya menjadikan kolam itu sebagai sarana edukasi.

Lokasi budidaya disematkan nama Kampung Ikan. Dimana setiap pengunjung yang kebanyakan anak-anak bisa "interaksi" dengan ribuan ikan yang terlihat memenuhi kolam.

"Kita sediakan pakan ikan dengan penggantian biaya Rp 1 ribu/bungkusnya. Kita sediakan juga gazebo untuk tempat bersantai," tambahnya.

Dilokasi juga terpasang baliho besar yang berisi kampanye konservasi air. Lengkap dengan gambar-gambar ikan yang dilindungi oleh undang-undang.

Ide kreatif itu diharapkan bisa menanamkan kesadaran dan peduli lingkungan sejak dini.

"Yang paling banyak berkunjung itu dari anak-anak TK. Atau anak dan kedua orang tuanya. Kita harapkan generasi selanjutnya punya kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan," harapnya.

Jadi, menurut Wibi, budidaya ikan tidak hanya melulu dikelola untuk memetik hasil dari penjualan ikan.

Namun juga bisa sebagai sarana kampanye peduli lingkungan. Karena, lanjutnya, budidaya ikan tanpa peduli lingkungan juga akan mematikan usaha itu sendiri.

"Semoga semakin banyak warga yang memunculkan ide kreatif berbasis lingkungan," tandasnya.

Reporter: Irul hamdani

Editor: Erwin Yohanes

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter