Libur Panjang, Okupansi Hotel Tulungagung Meningkat 80 Persen

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Bramanta Pamungkas

Wisatawan berlibur di Pantai Gemah, salah satu destinasi wisata di Tulungagung

jatimnow.com - Tingkat hunian hotel atau okupansi di Kabupaten Tulungagung, meningkat dalam libur panjang natal dan tahun baru 2019.

Jumlah pengunjung di beberapa obyek wisata di Tulungagung membuat okupansi meningkat hingga 80 persen. Dari jumlah tersebut 20 persen nya merupakan wisatawan mancanegara.

Ketua DPC Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Tulungagung, Nurwakhidun mengatakan terdapat 20 Hotel mulai kelas melati hingga bintang 4 yang tergabung dalam organisasi ini.

Tingkat hunian di setiap hotel mulai mengalami kenaikan sejak awal musim liburan. Diperkirakan okupansi ini masih bisa meningkat lagi, karena musim libur baru usai awal tahun depan.

"Rata rata setiap hotel tingkat huniannya naik hingga 80 persen," ujarnya, Kamis (27/12/2018).

Menurutnya, banyaknya destinasi wisata yang muncul dalam tahun ini, menjadi salah satu penyebab tingkat hunian hotel meningkat dalam musim libur ini.

Sedikitnya terdapat 20 destinasi wisata baru yang ada di Tulungagung. Mayoritas destinasi tersebut merupakan wisata alam yang menjual keindahan dan keasrian suasana.

Meskipun jumlah hunian meningkat, namun pihak hotel tidak memberlakukan harga khusus dalam musim libur ini. "Tidak ada perubahan harga semuanya sama seperti biasa," imbuhnya.

Nurwakhidun menilai jumlah kunjungan wisatawan dalam musim libur ini masih bisa meningkat lagi, jika pemerintah gencar melakukan promo wisata.

Selama ini sejumlah pengusaha yang terlibat dalam industri pariwisata mengeluhkan minimnya promosi wisata yang dilakukan oleh pemerintah.

"Kita membutuhkan pusat informasi wisata, jika itu tersedia kami optimis pariwisata di Tulungagung akan lebih maju lagi," pungkasnya.

 

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter