Buntut Pendaki Hilang, Jalur Pendakian Gunung Lawu Ditutup

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Tim Basarnas dan BPBD melakukan pencarian pendaki yang hilang di Gunung Lawu

jatimnow.com - Jalur pendakian ke Gunung Lawu, baik dari Candi Centho, Karanganyar, Jawa Tengah maupun Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur ditutup sementara. Penutupan dilakukan menyusul hilangnya Alvi Kurniawan, pendaki asal Magelang, Jawa Tengah lima hari lalu.

"Sesuai aturan memang begitu (jalur ditutup sementara)," tegas Yohan Tri Anggoro, Humas Basarnas Surakarta saat dihubungi jatimnow.com, Sabtu (5/1/2019).

Ia menjelaskan, sterilisasi jalur sudah mulai dilakukan sejak Operasi SAR dilakukan yaitu Kamis (2/1/2019) lalu. "Ini sudah hari ke lima pencarian. Nanti dilihat pas hari ke tujuh, kalau memungkinkan ya diperpanjang," tambah Yohan.

Baca juga: 

Penutupan jalur pendakian itu juga dipertegas Kasie Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan, Ferry Yoga Saputra mengatakan hal yang sama. "Dari Magetan juga ditutup. Kami fokus pencarian untuk membackup yang dari Karanganyar," bebernya.

Selain untuk sterilisasi, lanjut Ferry, cuaca di Gunung Lawu dalam beberapa hari terakhir tercatat tidak menentu. Hujan deras disertai angin datang sewaktu-waktu datang hingga membuat kabut di gunung itu semakin tebal.

Diketahui sebelumnya, Alvi dilaporkan hilang pada Selasa (1/1/2019) lalu oleh 6 temannya ke Pos Lima, Gunung Lawu. Saat itu, Alvi mendaki bersama 6 pendaki diantaranya, Wahyu Candra, Supriyanto, Janika, Khaitul Anam, Irma Anjarwati serta Ramadhan Fitriya.

Ketujuh pendaki itu tercatat izin mendaki pada Senin (31/12/2018) lalu. Mereka berangkat sekitar pukul 08.00 Wib melalui pintu Candi Cetho, Karanganyar, Jawa Tengah. Rombongan tercatat sampai di bawah pos 5 sekitar pukul 19.00 Wib dengan mendirikan tenda untuk menginap dan berencana melanjutkan ke puncak esok harinya.

Alvi dilaporkan hilang setelah berpisah dari rombongannya saat menuju puncak Gunung Lawu. Alvi berpisah setelah ditantang pendaki wanita asal Wonosobo dan rombongannya untuk adu cepat menuju puncak gunung.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter