Unitomo Kukuhkan Guru Besar Bidang Ekonomi

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Arry Saputra

Guru Besar Unitomo Aminullah Assagaf (Hitam).

jatimnow.com - Universitas Dr Soetomo (Unitomo)kembali mengukuhkan guru besar untuk ke 14 kalinya. Jumlah Guru Besar Unitomo bertambah dengan dikukuhkannya Aminilullah Assagaf sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Rabu (28/3/2018).

Dalam orasinya Aminullah menyampaikan tentang financial distress pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

Ia mengatakan, sejauh ini memang terdapat beberapa BUMN yang dihadapkan pada struktur biaya yang lebih besar dari pendapatan, atau cash inflow-nya tidak seimbang dengan outflow, sehingga terjadi defisit.

"BUMN seperti ini tentu memerlukan tambahan pendanaan subsidi atau Public Service Obligation (PSA) dari APBN, agar dapat melanjutkan operasional dan likuiditas perusahaannya tetap terjaga," ujar doktor lulusan Universitas Hasanuddin ini.

Menurut Aminullah, dalam jangka pendek subsidi ini memang menimbulkan beban terhadap APBN, tapi tetap diperlukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan daya beli masyarakat.

Rektor Unitomo Bachrul Amiq menyambut gembira dengan turunnya Surat Keputusan Menristekdikti tentang pengangkatan Aminullah Assagaf sebagai guru besar.

Namun ia mengingatkan, tanggung jawab pengabdian yang harus diemban oleh seorang guru besar akan bertambah besar.

”SK guru besar bukan akhir dari pengabdian dan akhir proses karir seorang dosen. Justru, ini menjadi awal pengabdian yang sesungguhnya. Karena seusai pengukuhan tugas dan pekerjaan berat menunggu untuk diselesaikan, yaitu mengembangkan ilmu agar bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat," ujar Amiq.

Aminullah juga merupakan orang ke 3 yang dikukuhkan sebagai guru besar dalam bidang Ekonomi. Dan proses pengukuhan sendiri akan dilakukan pada Kamis mendatang.

Reporter: Arry Saputra

Editor: Erwin Yohanes

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter