Hujan Deras, Lima Kecamatan di Pasuruan Terendam Banjir

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mochamad Rois

Banjir menggenangi wilayah Pasuruan

jatimnow.com - Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Pasuruan, membuat permukiman di lima kecamatan terendam banjir hingga 50 centimeter.

Di Kabupaten Pasuruan, ada 4 kecamatan yang terdampak. Diantaranya Kecamatan Pohjentrek, Kraton, Grati, dan Winongan. Sedangkan satu kecamatan di Kota Pasuruan yang terendam banjir adalah Gadingrejo.

"Luapan banjir di empat kecamatan di Kabupaten Pasuruan ini karena derasnya hujan yang mengguyur dataran tinggi Kecamatan Purwodadi, Tosari, Tutur, Lumbang, Puspo. Ditambah dari Lawang, Malang," kata Bhakti Jati Permana, Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, (31/1/2019).

Baca juga:    Diguyur Hujan Deras, Komplek Perkantoran Pemkab Pasuruan Tergenang

Bakti merinci, genangan setinggi 10 sampai 50 centimeter berada di Desa Sukorejo, Kecamatan Pohjentrek. Untuk genangan setinggi 10 sampai 60 centimeter, berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Kraton.

Adapun genangan 10 sampai 30 centimeter berada di Desa Kedawung Kulon, Kecamatan Grati, dan genangan 20 centimeter berada di Desa Prodo, Bandaran Kecamatan Winongan.

"Saat ini sudah proses surut, karena dua sungai yang membelah wilayah terdampak genang banjir (Sungai Welang dan Rejoso), ketinggian airnya sudah standart. Semoga siang ini surutnya bisa signifikan," tukasnya.

Warga Lingkungan Karangasem, Kelurahan Karangketug, Kecamatan Gadingrejo tampak berjibaku mengamankan barang-barangnya.

"Ya begini ini mas. Kalau ngaku capek ini gimana. Lha wong setiap Kali Welang airnya tinggi, kami selalu kebanjiran," kata Abdullah (30).

 

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter