Marak Demam Berdarah, Penjualan Bunga Lavender di Blitar Meningkat

Editor: Arif Ardianto / Reporter: CF Glorian

Salah satu bunga lavender yang dijual

jatimnow.com - Mewabahnya penyakit demam berdarah (DB) membuat masyarakat melakukan langkah antisipasi. selain membersihkan lingkungan, jentik nyamyuk beberapa diantaranya juga menanam tanaman lavender. Lavender dianggap mampu mengusir nyamuk dengan aroma yang dikeluarkannya.

Permintaan bunga lavender di wilayah Blitar terus meningkat. Sepertii yang dituturkan penjual tanaman di Jalan Simpang Mawar Kota Blitar.

"Penjualan meningkat mas. Dari sebelumnya enam pot yang terjual, sekarang bisa delapan sampai sembilan pot sehari," ujar Suwarno, Penjual Bunga, Jumat  (8/2/2019).

Suwarno menuturkan, bunga lavender yang diburu pembeli ialah bunga Lavender ungu dan Lavender Putih. Harga yang dipatok untuk satu pot Lavender dengan tinggi sekitar tiga puluh sentimeter ialah 20 ribu rupiah.

Selain bunga Lavender, tanaman lainnya yang diburu pembeli untuk mengusir nyamuk ialah bunga Zodiak dan bunga Rosemarry. Kedua bunga ini juga menjadi incaran para pembeli

"Kalau bunga zodiak ini masih ada sedikit tapi juga banyak yang beli. Kalau Rosemarry kebetulan kosong mas," ucap Suwarno.

Metode penanaman bunga Lavender ini tergolong cukup mudah. Selain langsung membeli dalam bentuk tanam dalam pot, pembeli bisa mengembangbiakkan dengan cara memotong ujung bunga lalu ditanam di media yang lain.

Budi Utoyo salah satu pembeli mengungkapkan, bunga lavender menjadi salah satu upaya untuk mencegah penyebaran nyamuk disamping terus memantau perkembangan jentik.

"Saya mau tanam dirumah mas. Biar nyamuk hilang," imbuhnya kala membeli bunga Lavender di lapak milik Suwarno.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter