Didukung Nelayan Gresik, Timses Jokowi Jatim Yakin Menang Signifikan

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Jajeli Rois

Ketua TKD Jatim Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin saat di Lamongan

jatimnow.com - Warga pesisir dan nelayan di Kabupaten Gresik mendukung pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden RI Jokowi-KH Ma'ruf Amin.

Deklarasi dukungan dari warga pesisir dan nelayan ini digelar di Pantai Delegan, Gresik, Minggu (10/2/2019).

Selain dihadiri ratusan warga pesisir dan nelayan, deklarasi dukungan itu juga dihadiri Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur, Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin. Juga hadir Bupati Gresik Sambari dan jajaran pengurus Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Gresik.

"Terima kasih para nelayan dan warga di kawasan pesisir Gresik. Dukungan ini semakin menguatkan kita untuk mengantarkan Pak Jokowi kembali memimpin Indonesia, untuk melanjutkan bakti membawa Indonesia menjadi poros maritim dunia," ujar Machfud Arifin.



Mantan Kapolda Jatim ini menambahkan, dukungan dari para nelayan dan warga pesisir akan semakin memperkuat suara Jokowi di Gresik. Sehingga hasil pada Pemilu Presiden 2019 ini berbeda dibandingkan dengan Pilpres 2014.

Pada Pilpres 2014, Jokowi kalah di Gresik dengan perolehan suara 47,10 persen. Sedangkan Prabowo Subianto saat itu meraup 52,90 persen.

"Hasil survei terbaru kami, Gresik sudah dimenangkan Pak Jokowi. Dengan dukungan nelayan ini, InsyaAllah kemenangan makin signifikan," yakinya.

Machfud mengatakan, dukungan nelayan ini membuktikan kinerja pemerintahan Jokowi di sektor maritim terus meningkat. Program-program untuk nelayan pun semakin berkualitas.

"Sudah ada program asuransi nelayan, di mana pemerintah ikut memberi bantuan preminya. Sebagai pekerjaan dengan risiko tinggi, asuransi ini membuat nelayan tenang dalam bekerja, mendapat perlindungan yang memadai," terang Machfud.

Selain itu, ada program Bank Mikro Nelayan yang membantu pembiayaan nelayan dalam menggeluti pekerjaannya. Bunga program itu hanya 3 persen, sehingga diharapkan bisa menyelamatkan nelayan dari rentenir yang bunganya mencekik.

"Tahun lalu sudah Rp132 miliar yang disalurkan ke nelayan. Para nelayan harus memanfaatkannya karena sebenarnya Pak Jokowi mengalokasikan dananya hingga Rp975 miliar," tuturnya.

"Tahun ini target penyaluran Bank Mikro Nelayan terus dinaikkan dan akan semakin membantu bapak-bapak nelayan supaya tidak lagi pinjam ke rentenir," terang Machfud yang disambut tepuk tangan para nelayan.



Dalam kesempatan itu, Machfud juga menyinggung berbagai program Jokowi untuk nelayan seperti revitalisasi tempat pelelangan ikan, perbaikan kampung-kampung nelayan, layanan kesehatan hingga pendidikan untuk anak-anak nelayan.

Sementara itu, Bupati Gresik Sambari Halim mengatakan, dukungan nelayan tersebut adalah wujud kepuasan terhadap program pemerintahan Jokowi di bidang maritim.

"Kita yakin dan makin bersemangat untuk memenangkan Pak Jokowi dan Kiai Maruf," kata Sambari yang berkampanye memanfaatkan hari libur.

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter