Dhani Tulis Surat Dirinya NU Gusdurian, Ini Kata Alissa Wahid

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Arry Saputra

Alissa Wahid, putri sulung almarhum Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di Surabaya

jatimnow.com - Surat Ahmad Dhani Prasetyo tentang Nahdlatul Ulama (NU) yang dibagikan ke wartawan di Pengadilan Negeri Surabaya, Selasa (19/2/2019) lalu, juga mendapat tanggapan dari Alissa Wahid, putri sulung almarhum Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Sebab dalam suratnya, Ahmad Dhani menyebut dirinya sebagai NU Gusdurian dan 100 persen Islamnya Gus Dur. Surat itu dibuat Ahmad Dhani di Rutan Medaeng dengan tulisan tangannya.

Tanggapan itu disampaikan Alissa Wahid saat hadir dalam acara Suluh Kebangsaan di Stasiun Gubeng Surabaya.

Sebagai Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian, Alissa mengatakan bahwa tidak ada istilah Islam Gusdurian. Islam yang dianut oleh Almarhum Gus Dur adalah islam seperti pada umumnya.

Baca juga:  

"Itu juga saya gak tahu. Saya gak tahu apa maksudnya itu Islam Gus Dur. Islamnya Gus Dur ya Islam. Jadi apa ya? Gak tahu," tuturnya.

Ia menyebut, setiap orang bebas mengklaim dirinya sebagai Gusdurian. Sebab tidak ada persyaratan khusus atau pendaftaran jika ingin menjadi seorang Gusdurian.

"Tapi kita hanya menekankan kalau mengaku Gusdurian berarti terikat dengan nilai-nilai yang diperjuangkan oleh Gus Dur," tegasnya.

Ia pun menjelaskan, nilai nilai untuk menjadi Gusdurian yaitu adil, mendahulukan kemanusiaan, tidak menindas orang lain, punya kearifan. Bahkan menghargai tradisi kearifan yang ada dan tidak melarikan diri dari persoalan.

"Selain itu, juga mau bertindak untuk kemaslahatan umat yang lebih besar," paparnya.

"Saya gak pingin memperpanjang. Rugi deh. Saya persilahkan kepada masyarakat saja untuk menilai, karena Gusdurian kan meneruskan perjuangan nilai-nilai Gus Dur, pasti warga bisa menilai," tandasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter