Wow, Mahasiswa Surabaya Ubah Kulit Kayu Pohon Kesambi Jadi Deodoran


Yudith menunjukkan hasil penelitiannya

SURABAYA :: jatimnow.com –  Yudith Pratusi, seorang mahasiswi Fakultas Farmasi Universitas Surabaya berhasil menjadikan Ekstrak Etanol Kulit Kayu Kesambi menjadi deodorant yang dapat membunuh bakteri. Penelitian ini menjadi bahan tugas akhir kuliah di kampusnya.

Yudith menjelaskan Pohon Kesambil memiliki banyak manfaat bagi kulit manusia. Kandungan manfaat ini lah yang berpotensi sebagai anti bakteri bagi tubuh. Sebab, bau badan disebabkan oleh adanya pertumbuhan bakteri yang terdapat pada aksila (ketiak) yang mendegradasi sekresi dari kelenjar apokrin.

“Penanganan terhadap bau badan sendiri sudah menjadi kebutuhan untuk meningkatkan kepercayaan diri manusia,” kata Yudith kepada wartawan, Selasa (9/1/2017).

Menurut Yudith, sebelum dijadikan deodoran, diperlukan pembuatan ekstrak  atau sari dari kulit kayu Kesambi. Kemudian hasil ekstrak tersebut perlu dilakukan formulasi dan evaluasi stabilitas pH pada deodoran yang mengandung ekstrak kulit kayu Kesambi. “Tujuannya, untuk mengetahui apakah produk tersebut sudah aman dipakai atau belum,” ujarnya.

Yudith pun melakukan pengembangan pada 6 formula deodoran dengan ekstrak etanol kulit kayu Kesambi yang kemudian diambil 3 formula terbaik untuk dievaluasi stabilitas pH. “Untuk menguji stabilitas pH, ketiga formula tersebut disimpan dalam Climatic Chamber dengan suhu 38ºC - 40ºC dengan kelembapan relative RH 70% - 75%, kemudian dilakukan pengamatan,” imbuhnya.

Dari hasil formulasi dan evaluasi stabilitas, diambil 1 formula deodoran yang mengandung ekstrak kulit kayu Kesambi yang mempunyai pH stabil yang disesuaikan dengan pH kulit. Selain itu, dipilih dengn viskositas (kekentalan cairan) sebesar 5318,17 ± 774.714 cps (standar spesifikasi 5.000 cps – 12.000 cps) karena tidak terdapat perubahan warna selama 30 hari penyimpanan dan memiliki kekentalan gel yang pas untuk digunakan.

“Formula yang saya buat sudah terbukti menghilangkan bakteri, namun perlu ada penelitian lanjutan jika ingin diproduksi masal terkait dengan jangka waktu deodorant ini membunuh kuman,” pungkasnya.

 

(Redaksi)


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter