Listrik Padam Akibat Angin Puting Beliung, UNBK di Blitar Pakai Genset

Editor: Arif Ardianto / Reporter: CF Glorian

Suasana UNBK di SMKN 1 Nglegok Blitar.

jatimnow.com - Angin Puting Beliung yang menyapu wilayah Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, pada Sabtu (31/03/2018) lalu, membuat sedikitnya delapan tiang listrik ambruk.

Imbasnya, hingga saat ini aliran listrik di kecamatan tersebut masih dalam proses perbaikan.

Perbaikan listrik tersebut praktis menyebabkan sejumlah kegiatan masyarakat terganggu. Terlebih kegiatan belajar mengajar di SMKN 1 Nglegok.

Akibat listrik padam, pihak sekolah harus menggunakan generator set (genset) agar pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tetap berjalan.

"Kalau persiapan kita sudah siap seratus persen. Kita sewa dua genset untuk memasok aliran listrik agar UNBK tetap berjalan. Karena sampai sekarang aliran listrik belum stabil," kata Kepala SMKN 1 Nglegok Heru Mursanyoto di Ruangannya Senin (2/4/2018).

Dua genset yang disewa pihak sekolah, seluruhnya dipakai untuk memasok aliran listrik di sekolah tersebut.

Satu unit digunakan mengaliri listrik di ruang laboratorium komputer tempat para siswa mengerjakan naskah UNBK.

Sedangkan satu unit lainnya dipakai sebagai sumber listrik untuk ruangan kantor serta ruangan lainnya. Secara umum, pelaksanaan UNBK di SMKN 1 Nglegok terpantau lancar.

"Hari Minggu (01/04/2018) kemarin kita sudah ujicoba dan cek semuanya termasuk jaringan internet. Setelah angin kencang, semua peralatan mati. Tapi Alhamdulillah sekarang lancar dan tidak ada hambatan," terang dia.

Peserta UNBK 2018 di SMKN 1 Nglegok memiliki tujuh laboratorium komputer yang diikuti 575 siswa peserta ujian.

Terbatasnya jumlah perangkat komputer yang digunakan membuat pelaksanaan UNBK dilakukan dengan 3 sesi dengan masing-masing waktu 2 jam pengerjaan.

Hari pertama UNBK, para peserta mengerjakan naskah soal Bahasa Indonesia. Ada empat mata pelajaran yang diujikan untuk UNBK tingkat SMK. Yakni, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Teori Kejuruan.

Reporter: CF Glorian
Editor: Arif Ardianto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter