Banjir di Blitar Surut, Warga Keluhkan Gatal-gatal

Editor: Arif Ardianto / Reporter: CF Glorian

Evakuasi anjing pada banjir di Blitar

jatimnow.com - Banjir di Kabupaten Blitar yang meredam Kecamatan Sutojayan dan Kecamatan Kademangan sudah berangsur surut, Kamis (7/3/2019).

Petugas gabungan kini tengah terfokus pada Kecamatan Sutojayan yang menjadi wilayah parah terdampak banjir. Meski begitu, banyak warga yang mengeluhkan gatal-gatal.

"Ini tadi dikasih salep gatal sama obat pusing mas," kata Supilah, warga Sutojayan, Kamis (07/03/2019).

Supilah mengaku menderita gatal di bagian kaki. Dia dan beberapa warga datang ke pos kesehatan untuk meminta sejumlah obat.

Kata Supilah, Banjir mulai memasuki pemukiman warga pada Kamis (07/03/2019) dinihari sekitar pukul 02.00 Wib.

"Kalau dirumah saya (ketinggian air) seperut saya mas. Sekarang sudah surut," ungkap Supilah.

Pantauan di lapangan, petugas gabungan tengah menyiagakan Posko penanggulangan banjir yang terpusat di Kantor Kelurahan Sutojayan. Tercatat ada 6 warga yang dievakuasi oleh petugas.



Termasuk seorang bayi beserta ibunya yang sebelumnya mengungsi di SDN Sutojayan 04, dipindah menuju Kantor Kelurahan Sutojayan. Beberapa pemuda juga tampak mengevakuasi anjing peliharaannya menuju tempat yang lebih tinggi.

"Karena ini setiap tahun jadi banyak warga yang masih bertahan meskipun beberapa lansia tadi juga kita evakuasi dari rumahnya," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Blitar, Heru Irawan.

Heru menambahkan, tersumbatnya aliran sungai oleh material normalisasi Lali Unut dan Kali Bogel membuat air meluber dan masuk ke pemukiman warga.

Pemkab Blitar rencananya akan memanggil kontraktor untuk memindahkan sumbatan pada aliran kali yang kini dalam tahap normalisasi.

"Bukan tidak mungkin nanti kita akan siagakan alat berat," tutup Heru.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter