Pixel Code jatimnow.com

Temuan Bangunan Kuno di Tol Malang Akan Digali

Editor : Arif Ardianto Reporter : Avirista Midaada
Tim BPCB meninjau lokasi penemuan benda bersejarah
Tim BPCB meninjau lokasi penemuan benda bersejarah

jatimnow.com - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) memastikan akan melakukan ekskavasi atau penggalian di lokasi dimana ditemukannya struktur bangunan dan benda bersejarah di tol Malang-Pandaan.

Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya, Andi Muhammad Said mengungkapkan, pihaknya bersama tim akan datang ke lokasi pada Selasa besok untuk melakukan penggalian.

"Besok BPCB akan melakukan ekskavasi di sana mas. Rencananya sampai 5 hari ke depan," ungkap Andi saat dihubungi jatimnow.com, Senin sore (11/3/2019).

Baca juga: Begini Bentuk Bangunan yang Diduga Peninggalan Majapahit di Malang

Baca juga:
Warga Tulungagung Laporkan Temuan Sumur dan Lumpang Batu Diduga Cagar Budaya

Selain melakukan ekskavasi BPCB akan melakukan sosialisasi kepada warga dan para pekerja proyek tol barang kali ada yang telah mengambil benda-benda bersejarah tersebut untuk segera dikembalikan.

"Menghimbau kepada masyarakat yang menemukan/mengambil temuan agar segera melaporkannya. Besok sekalian kita inventaris waktu ekskavasi itu," jelasnya.

Terkait permintaan warga mengenai imbalan bagi yang mengembalikan benda - benda bersejarah tersebut, Andi mengisyaratkan hal tersebut. Namun hal itu harus melalui penilaian dan pengkajian tim peneliti.

"Penemu harus bisa menunjukkan lokasi penemuannya secara pasti juga," pungkasnya.

Baca juga:
Mahasiswa Untag Surabaya Ciptakan Aplikasi 3D Benda Bersejarah Islam Majapahit