Diduga Tersambar Api Las, Insinerator RS dr Iskak Tulungagung Terbakar

Kebakaran di mesin insinerator RSUD dr Iskak Tulungagung

jatimnow.com - Ruang insinerator RSUD dr Iskak Kabupaten Tulungagung terbakar, Kamis (21/3/2019). Kebakaran ini sempat membuat para karyawan panik dan berusaha memadamkan api dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang tersedia.

Beruntung api mudah dipadamkan dan tidak merembet ke ruang lain. Pemadam Kebakaran yang datang ke lokasi langsung membantu proses pemadaman dan api dapat dipadamkan 30 menit kemudian.

Humas RSUD dr Iskak Tulungagung, Muhammad Rifai mengatakan kebakaran ini berlangsung saat mesin insinerator sedang tidak digunakan. Saat kejadian mesin dalam kondisi mati dan dilakukan perbaikan pada bagian cerobong asap. Diduga api berasal dari percikan las, yang mengenai solar yang terdapat di ruang tersebut.

"Saat itu sedang ada perbaikan sejumlah pekerja mengelas bagian cerobong asap, diduga api berasal dari percikan las," ujarnya.

Ruangan ini menjadi tempat pembuangan sampah medis rumah sakit. Sampah tersebut nantinya dimusnahkan dalam mesin insinerator dengan cara dibakar. Letak ruangan ini berada di belakang rumah sakit, dan terpisahkan dengan ruang pasien.

"Kita tegaskan kejadian ini tidak berpengaruh kepada pelayanan kami, karena letaknya jauh dibelakang ruang pasien," tegasnya.

Terkait kerugian, Rifai masih belum menghitung pasti nilai totalnya. Namun sejumlah peralatan medis yang tersimpan dalam ruang tersebut mengalami kerusakan dan tidak bisa digunakan lagi. Begitu juga mesin insinerator yang berada di dalamnya juga rusak.

"Untuk nilai total kerugian masih kita hitung yang jelas tidak ada korban jiwa," pungkasnya.

 

Loading...

Berita Terkait