Pernikahan Dini Meningkat, Pemkot Blitar Anggap HP Penyebabnya

Editor: Arif Ardianto / Reporter: CF Glorian

Wakil Walikota Blitar Santoso.

jatimnow.com - Wakil Walikota Blitar Santoso angkat bicara terkait meningkatnya jumlah pernikahan anak dibawah umur.

Dalam hal ini, Santoso berpendapat bahwa pertambahan jumlah pernikahan anak ditengarai oleh banyak faktor terutama minimnya perhatian orang tua.

Selain itu, kecanggihan teknologi dewasa ini, membuat orang tua siswa harus lebih jeli dalam mengawasi buah hatinya.

"Dampak dari perkembangan IT itu sangat luar biasa, makanya ayo yang punya anak itu sering-sering kontrol konten hape anak. Karena terkadang konten yang ada itu tidak layak tonton untuk anak, sehingga kasus amoral terus bertambah," kata Wakil Walikota Blitar Santoso Kamis (05/04/2018).

Untuk memaksimalkan pencegahan anak yang menikah di usia dini, Santoso mengatakan, diperlukan peran dari semua pihak. Dalam hal ini baik orang tua, maupun pemerintah dan semua pihak dan masyarakat.

Santoso meminta OPD terkait, dalam hal ini Dinas Pendidikan maupun lembaga sekolah untuk kembali menggalakkan razia rutin di sekolah.

Razia konten hape di kalangan para siswa di Kota Blitar dinilai efektif, untuk mencegah munculnya kepemilikan konten negatif yang dapat memicu tindakan amoral dikalangan siswa.

"Saya juga sarankan untuk dilakukan secara insidental atau bertahap di setiap sekolah. Jadi mereka biar jera. Dulu pas saya masih menjabat Kepala Dinas Pendidikan saya sering lakukan itu. Siswa diluar, tas ada didalam dan itu efektif," imbuhnya

Berdasarkan data di Kementerian Agama Kota Blitar, jumlah anak yang melangsungkan pernikahan pada triwulan pertama berjumlah sebelas anak dengan sembilan peristiwa pernikahan.

Pada tahun 2017 lalu, jumlah peristiwa pernikahan sepanjang tahun ada empat belas peristiwa. Sehingga diperkirakan jumlah anak yang menikah tahun ini akan meningkat.

Hampir keseluruhan, kasus pernikahan dini terjadi karena faktor hamil duluan.

Reporter: CF Glorian
Editor: Arif Ardianto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter