Wartawan Diintimidasi saat Meliput di GBT, Polisi: Laporkan!

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Polisi mencoba menghalau bonek tak bertiket di luar Stadion GBT Surabaya, Selasa (9/4/2019)

jatimnow.com - Intimidari yang dilakukan oknum polisi terhadap wartawan jatimnow.com dan Suara Surabaya yang meliput pengahalauan bonek tidak bertiket oleh polisi di Stadion Gelota Bung Tomo (GBT) Surabaya akhirnya sampai ke telinga Polda Jatim.

Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Frans Barung Mangera menyayangkan tindakan oknum polisi yang melakukan penghapusan file foto dan video hasil liputan Wartawan jatimnow.com Fajar Mujianto dan Wartawan Suara Surabaya Media, Anggi Widya Permani di GBT, Selasa (9/4/2019) kemarin.

Menurut Barung, tindakan tersebut melanggar kebebasan pers, sebab lokasi peliputan tersebut tidak termasuk tempat terlarang.

"Undang-undang pers mengatakan, tidak ada seorang pun juga yang bisa menghalang-halangi setiap media untuk melakukan peliputan, apalagi ditempat-tempat yang tidak terlarang," tegas Frans Barung saat dikonfirmasi jatimnow.com, Rabu (10/4/2019).

Baca juga:  

Atas kejadian tersebut, Barung meminta agar wartawan yang mendapatkan perlakuan yang kurang mengenakkan itu agar melapor.

"Dan apabila ada seorang yang melanggar, segera laporkan pasti akan ditindaklanjuti siapapun juga dia," tegas Barung.

Sebelumnya, Fajar mengaku terpaksa menghapus sekitar 51 file video dan foto yang ada di handphone-nya. Sebab usai meliput polisi menghalau bonek tidak bertiket, Fajar didatang sejumlah oknum polisi yang salah satunya mengaku dari humas kepolisian.

Bersama seorang anggota Dalmas, oknum humas itu meminta Fajar untuk menghapus file video dan foto yang ada di handphone-nya meskipun Fajar sudah menyebut bahwa dirinya wartawan sambil mengeluarkan kartu pers.

Sementara Anggi bahkan dirampas handphone-nya dan sejumlah file serta videonya dihapus oleh seorang oknum polisi meskipun Anggi sudah mengeluarkan kartu pers.

Intimidasi oknum polisi terhadap Fajar dan Anggi itu terjadi saat keduanya meliput polis menghalau bonek tak bertiket yang memaksa masuk ke dalam Stadion GBT untuk melihat langsung pertandingan leg pertama Final Piala Presiden 2019 antara Persebaya melawan Arema FC.

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter