Pembalakan Ilegal Pohon Sonokeling di Trenggalek, 1 ASN Jadi Tersangka

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Bramanta Pamungkas

Pelaku pembalakan Sonokeling diamankan Polres Trenggalek

jatimnow.com - Satreksrim Polres Trenggalek menetapkan empat orang sebagai tersangka dalam kasus pembalakan ilegal kayu Sonokeling. Sebelumnya 8 orang terduga pelaku diamankan oleh polisi.

Polisi juga menyita sebuah truk, berisi potongan kayu Sonokeling yang diduga merupakan hasil pembalakan ilegal.

Kasatreskrim Polres Trenggalek, AKP Sumi Andana menjelaskan dari 8 yang diperiksa 4 diantaranya ditetapkan sebagai tersangka. Keempat tersangka adalah K, pegawai Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN), W alias T pensiunan pegawai BBPJN, A pengepul kayu asal Tulungagung serta S warga Trenggalek.

"Satu orang tersangka berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di BBPJN," ujarnya, Minggu (14/4/2019).

Baca juga:  

Menurut polisi, tersangka dinilai memiliki peran penting dalam proses eksekusi pemotongan kayu Sonokeling secara ilegal. Mulai dari inisiator hingga pengepul kayu hasil curiannya.

Sedangkan empat lainnya masih berstatus sebagai saksi. Mereka ikut berperan sebagai kuli dan pemotong kayu.

"Empat pelaku lain merupakan pekerja biasa, mereka diupah seperti tukang kayu biasa dan tidak mengerti apapun," ujarnya.

Polisi terus melakukan pengembangan kasus pembalakan liar kayu Sonokeling di ruas jalan nasional di wilayah Trenggalek tersebut. Polisi mengaku telah mengantongi nama lain yang diduga terlibat dalam aksi pembalakan liar.

"Jumlah tersangka masih bisa bertambah lagi kita masih melakukan pengembangan," pungkasnya.

Sebelumnya sebanyak 89 batang kayu Sonokeling di ruas jalan nasional Kabupaten Trenggalek dan Tulungagung dilaporkan hilang. Kayu jenis ini masuk dalam kategori Apendix II yang perdagangannya diawasi dan dibatasi agar tidak punah.

Kayu ini banyak diminati oleh pasar internasional dan harganya lima kali lebih mahal dari kayu Jati.

 

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter