Pixel Codejatimnow.com

Ada Sosok TNI di Balik Penangkapan Perampok Nasabah Bank di Blitar

Editor : Narendra Bakrie  Reporter : CF Glorian
Praka Ali Joko Santoso mendapat penghargaan dari Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Siregar
Praka Ali Joko Santoso mendapat penghargaan dari Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Siregar

jatimnow.com - Tertangkapnya dua perampok nasabah bank di Blitar awal April 2019 lalu, ternyata juga tidak luput dari kesigapan seorang anggota TNI. Adalah Praka Ali Joko Santoso, anggota Provost Batalyon Infanteri (Yonif) 511/DY, yang turut menangkap salah satu perampok.

Atas kesigapannya tersebut, Praka Ali diganjar penghargaan oleh Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Negara Siregar. Menurutnya, Praka Ali lah yang saat itu atau Senin (8/4/2019), membantunya melumpuhkan perampok.

"Kita memberikan penghargaan kepada Praka Ali, anggota Yonif 511/DY yang ikut membantu menangkap pelaku curat beberapa waktu lalu. Harapannya ini sebagai motivasi kepada warga masyarakat yang sadar hukum untuk membantu tugas kepolisian," kata Adewira, Kamis (2/5/2019).

Setelah menerima penghargaan, kepada jatimnow.com, Praka Ali bercerita, awalnya ia keluar dari Asrama Yonif 511/DY untuk mengantar surat ke Kapolres Blitar dan Ketua DPRD Kabupaten Blitar. Ketika perjalanan menuju Ketua DPRD Kabupaten Blitar, ia melintas di Simpang Empat Karang Tengah dan melihat ada kerumunan warga.

Baca juga:  

Baca juga:
Gempa Pacitan, Getarannya Membuat Warga Blitar Terbangun dari Tidur

"Saya mengira kalau itu kecelakaan. Lalu ada sepeda motor yang dihalangi empat warga itu kabur. Saya kira tabrak lari, jadi saya seketika itu langsung mengejar," jelas Praka Ali.

Praka Ali mengejar pengendara motor tersebut ke arah Kanigoro. Dengan menggunakan motor dinasnya, ia mengejar dan berhasil melumpuhkan pelaku di wilayah Kecamatan Garum.

"Saya pepet orangnya (pelaku) lalu saya cabut kunci motornya, lalu mesin mati dan motor itu berhenti. Kebetulan disitu dekat rumah anggota Polres Blitar Kota, jadi saya minta beliau untuk membantu mengamankan orang itu," tambahnya.

Baca juga:
Dua Penjahat Kambuhan asal Blitar Beraksi di Kediri: Ancam Bunuh Korban, Gondol Uang dan HP

Setelah melumpuhkan pelaku, Praka Ali kembali mengantarkan surat kepada Ketua DPRD Kabupaten Blitar. Setelah selesai mengantar surat, ia baru menyadari bila yang ia lumpuhkan adalah kawanan perampok antar kota spesialis nasabah bank.

Kedua rampok itu adalah Dion Feri (41) dan Taufik Sanjaya (30) warga Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Keduanya merampok uang Rp 150 juta milik warga Blitar setelah keluar dari bank. Keduanya beraksi dengan modus kempes ban.